Anda belum login :: 24 Apr 2025 10:41 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pendekatan text mining terhadap review pengunjung hotel bintang 5 di Bali selama pandemi COVID-19 (artikel Journal Industrial Servicess Vol. 7, No. 1, Oktober 2021)
Bibliografi
Author:
Louisa, Bianca
;
Sukwadi, Ronald
;
Gary Yu-Hsin Chen
Topik:
Atribut
;
Hotel
;
Review
;
Text Mining
;
Big Data
;
JABFUNG-FT-RS-2023-21
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Department of Industrial Engineering, Faculty of Engineering, Sultan Ageng Tirtayasa University
Tempat Terbit:
Serang, Indonesia
Tahun Terbit:
2021
Jenis:
Article - diterbitkan di jurnal ilmiah nasional
Fulltext:
JISS 2021.pdf
(721.57KB;
2 download
)
[
Informasi yang berkaitan dengan koleksi ini di internet
]
Abstract
Industri pariwisata dan perhotelan di Bali merupakan salah satu sektor yang terdampak pandemic COVID-19 hingga mengalami penurunan dari 528.883 kedatangan sebelum pandemi hingga hanya 47 kedatangan dalam 6 bulan. Hal ini tentunya mendorong penyedia bisnis untuk terus bertahan dan beradaptasi serta terus mencari cara untuk menarik minat turis untuk menggunakan jasanya. Hotel bintang lima di Bali merupakan kategori hotel dengan kamar terbanyak dan memenangkan penghargaan-penghargaan internasional mengenai kemewahannya, dimana jasa dan fasilitas yang ditawarkan tentunya harus sebanding dengan harga yang harus dibayarkan pelanggan. Kualitas layanan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan, dimana kepuasan pelanggan ini pada era perkembangan teknologi dan Big Data dituliskan dalam platform penyedia akomodasi online. Dengan jumlah ulasan yang jumlah dan variasinya sangat besar, Text Mining dapat dipilih menjadi solusi untuk mengumpulkan data ulasan tersebut dengan tujuan untuk mengekstraksi data dan mencari tahu atribut hotel yang memiliki frekuensi terbesar dalam ulasan pelanggan hotel bintang lima di Bali. Dengan adanya metode ini penyedia jasa dapat terbantu dalam mengidentifikasi kebutuhan, proses perencanaan, dan dalam rangka mengembangkan jasa serta kualitas layanan guna mencapai kepuasan pelanggan.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.078125 second(s)