Anda belum login :: 03 Jun 2025 22:55 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pelatihan Membuat Desain Iklan Digital Menggunakan Aplikasi Canva bagi UMKM Binaan ASPPUK (artikel Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia Vol. 5, No. 1, Mei 2022, Hal. 107-125)
Bibliografi
Author:
Wijayanti, Linda
;
Sukwadi, Ronald
;
Prasetya, Wibawa
;
Azels, Wilona Angelina
Topik:
promotion
;
online
;
marketplace
;
advertising
;
Canva
;
promosi
;
iklan
;
JABFUNG-FT-RS-2023-19
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Tarumanagara
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2022
Jenis:
Article - diterbitkan di jurnal ilmiah nasional
Fulltext:
Bakti Masyarakat Indonesia 2022.pdf
(1.41MB;
1 download
)
[
Informasi yang berkaitan dengan koleksi ini di internet
]
Abstract
Pelaku UMKM binaan ASPPUK sebagian besar adalah ibu rumah tangga yang memiliki usaha sampingan membuat produk makanan, minuman, tenun, batik, dan kerajinan tangan tradisional lokal lainnya. Sebagian pelaku UMKM tidak memiliki pendidikan yang memadai untuk mengelola sebuah wirausaha. Pemasaran hanya dilakukan secara konvensional di daerahnya, sehingga produknya sebagian besar hanya terjual di wilayah setempat. Untuk mengembangkan usaha tersebut diperlukan promosi produk agar dapat menjangkau pembeli ke wilayah yang lebih luas. Tujuan dari pelatihan ini adalah memberikan pengetahuan dan teknik pemasaran kepada pelaku usaha, dengan merancang iklan digital untuk promosi secara online, agar produk UMKM mampu bersaing menembus pasar di seluruh Indonesia. Materi pelatihan mengajarkan cara mendesain iklan digital menggunakan aplikasi Canva dengan memanfaatkan smartphone. Para ibu pelaku UMKM yang bergabung dengan ASPPUK sebagian besar kurang menguasai penggunaan smartphone dan termasuk dalam kelompok masyarakat yang gagap teknologi, sehingga ASPPUK berperan sebagai pendamping para ibu dalam membantu mengembangkan usaha dengan memberikan pelatihan tentang kewirausahaan. Pelatihan dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom. Setelah pelatihan dilanjutkan dengan membuat grup Whatsapp yang terdiri dari mentor dan peserta pelatihan untuk tanya jawab selama satu bulan. Pada pelatihan ini dibuat kuesioner pre-test dan post-test menggunakan google form untuk diisi oleh peserta sebelum dan setelah pelatihan. Dari hasil evaluasi, 100% peserta pelatihan menyatakan bahwa materi pelatihan akan berguna di kemudian hari dan 82,6% menyatakan narasumber/fasilitator membawakan materi yang mudah dipahami oleh peserta.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.0625 second(s)