Kepercayaan diri adalah dorongan atau keyakinan yang ditunjukkan dengan percaya kepada kemampuan sendiri, bertindak mandiri dalam mengambil keputusan, memiliki konsep diri yang positif, dan berani mengungkapkan pendapat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri siswa kelas VII di SMP Bunda Hati Kudus Jakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala penilian. Instrumen kepercayaan diri ini terdiri dari 36 pernayataan valid dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,921 dan rtabel (0,223). Hasil penelitian ini sebanyak 17 siswa (22%) berada pada kategori kepercayaan diri tinggi, sebanyak 56 siswa (74%) berada pada ketegori kepercayaan diri Sedang, dan sebanyak 3 siswa (4%) berada pada kategori kepercayaan diri rendah. Berdasarkan hasil analisis ini dapat disimpulkan bahwa siswa SMP Bunda Hati Kudus Grogol Jakarta berada pada kategori kepercayan diri yang sedang. Peneliti menyarankan kepada guru BK memberikan layanan bimbingan klasikal dengan tema-tema “Mandiri Mengambil Keputusan Sendiri” dan “Raih Cita-Citamu Tanpa Keraguan”, untuk siswa mempertahankan sikap aktif dikelas dan tidak perlu takut atau ragu bila ingin mengemukakan pendapat, selalu tampil percaya diri, dan untuk peneliti selanjutnya diharapkan bisa dikembangkan dan menjadi bahan referensi belajar. |