Anda belum login :: 10 Jun 2025 08:08 WIB
Detail
BukuTINGKAT KEPERCAYAAN DIRI AKADEMIK PADA SISWA KELAS VII DI SMP BUNDA HATI KUDUS GROGOL JAKARTA BARAT
Bibliografi
Author: Prihatin, Maria Lusiana ; Wati, Caroline Lisa Setia (Advisor)
Topik: kepercayaan diri; percaya diri; siswa
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2022    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Kepercayaan diri adalah dorongan atau keyakinan yang ditunjukkan dengan percaya kepada kemampuan sendiri, bertindak mandiri dalam mengambil keputusan, memiliki konsep diri yang positif, dan berani mengungkapkan pendapat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri siswa kelas VII di SMP Bunda Hati Kudus Jakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala penilian. Instrumen kepercayaan diri ini terdiri dari 36 pernayataan valid dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,921 dan rtabel (0,223). Hasil penelitian ini sebanyak 17 siswa (22%) berada pada kategori kepercayaan diri tinggi, sebanyak 56 siswa (74%) berada pada ketegori kepercayaan diri Sedang, dan sebanyak 3 siswa (4%) berada pada kategori kepercayaan diri rendah. Berdasarkan hasil analisis ini dapat disimpulkan bahwa siswa SMP Bunda Hati Kudus Grogol Jakarta berada pada kategori kepercayan diri yang sedang. Peneliti menyarankan kepada guru BK memberikan layanan bimbingan klasikal dengan tema-tema “Mandiri Mengambil Keputusan Sendiri” dan “Raih Cita-Citamu Tanpa Keraguan”, untuk siswa mempertahankan sikap aktif dikelas dan tidak perlu takut atau ragu bila ingin mengemukakan pendapat, selalu tampil percaya diri, dan untuk peneliti selanjutnya diharapkan bisa dikembangkan dan menjadi bahan referensi belajar.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.078125 second(s)