Saat ini pemanfaatan media sosial tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi saja, melainkan dimanfaatkan untuk promosi baik barang maupun jasa. Media Sosial juga banyak dimanfaatkan oleh Production House untuk melakukan promosi terhadap film-film baik film lama maupun film yang akan tayang. Beberapa diantara media sosial tersebut adalah TikTok yang digunakan oleh Rapi Films untuk mempromosikan film horor berjudul Pengabdi Setan 2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Karakteristik Media Sosial terhadap minat followers Akun TikTok @pengabdisetanfilm dalam menonton film Pengabdi Setan 2. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu adalah Karakteristik Media Sosial dengan dimensi network, simulation of society, information, archive, interaction dan user generated content serta minat menonton followers akun TikTok @pengabdisetanfilm dengan dimensi perhatian, pengingatan, reproduksi motoris dan motivasional. Model penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang sangat kuat dari Karakteristik Media Sosial terhadap minat followers Akun TikTok @pengabdisetanfilm dalam menonton Film Pengabdi Setan 2 dilihat dari analisis korelasi, determinasi, dan regresi linier sederhana sehingga dapat diputuskan bahwa terdapat Pengaruh Karakteristik Media Sosial terhadap Minat followers Akun TikTok @pengabdisetanfilm dalam menonton Film Pengabdi Setan 2. Saran ilmiah yang dikemukakan adalah dengan menggunakan teknik sampling yang berbeda dari penelitian ini yaitu random sampling atau menggunakan metode kualitatif untuk mendapat makna yang lebih dalam dari pandangan responden dengan menggunakan metode wawancara. Untuk saran praktis, penelitian menyarankan Production House untuk memaksimalkan pemanfaatan media terutama konten interaktifnya untuk menaikkan awareness masyarakat terhadap suatu film baik film lama maupun film yang akan tayang. |