Anda belum login :: 04 May 2025 12:14 WIB
Detail
BukuPENERAPAN METODE PERMAINAN PUZZLE DI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS V DI SDN JATIMURNI V
Bibliografi
Author: Indah, Fitria Puspa ; Ariani, Yohana Claudia Dhian (Advisor)
Topik: Penerapan Metode Permainan Puzzle; Pembelajaran Bahasa Indonesia; Keterampilan Menulis Deskripsi
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2023    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metode permainan puzzle pada pembelajaran Bahasa Indonesia yang dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas V di SDN Jatimurni V guna membantu meningkatkan keterampilan siswa dalam penulisan huruf kapital dan penggunaan tanda baca agar lebih mudah untuk dipahami. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif action research di mana penelitian ini melakukan tindakan untuk menguji coba materi yang telah disampaikan. Penelitian ini melibatkan partisipan lima belas orang siswa dan satu orang guru mulai dari observasi hingga penerapannya. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara di SDN Jatimurni V. Uji coba dilakukan dengan tahap per siklus, dari siklus pertama hingga siklus ketiga. Aktivitas untuk siklus pertama melakukan permainan puzzle kemudian mendeskripsikan gambar dari puzzle yang telah disusun serta membahas penulisan huruf kapital, pada siklus kedua membahas tentang penggunaan tanda baca dan menulis deskripsi lalu siklus terakhir membahas keseluruhannya. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa metode permainan puzzle dapat meningkatkan hasil keterampilan menulis siswa SD. Hal ini terlihat dari kenaikan rerata nilai siswa dan rerata tiap aspek menulis yang peneliti lakukan. Rerata nilai kelas pada siklus pertama 82,4 siklus kedua 86,93 dan siklus ketiga 89,33. Dari segi aspek keterampilan menulis ada peningkatan dalam aspek 1 yaitu penulisan huruf kapital, aspek 2 penggunaan tanda baca, dan aspek 3 keseluruhan aspek.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)