Anda belum login :: 07 May 2025 14:59 WIB
Detail
BukuPerbandingan Tingkat Agresi pada Partisipan yang Bermain Video Gim Elden Ring, FIFA 22, dan Minecraft
Bibliografi
Author: Parawangsa, Flaviana Royana Indah ; Nugroho, Wahyu Cahyo (Advisor)
Topik: video gim; agresi; elden ring; fifa 22; minecraft
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2023    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Video gim mempunyai banyak macam. Jika dikategorikan berdasarkan konten, ada video gim berkonten kompetitif, non-kompetitif, kekerasan, dan non-kekerasan. Bermain video gim dengan konten yang berbeda, akan memberikan kontribusi yang berbeda terhadap peningkatan agresi. Berdasarkan penelitian, ditemukan bahwa video gim dengan konten kekerasan berpeluang lebih besar meningkatkan agresi. Di lain pihak ada juga penelitian yang menyarankan untuk menelaah lebih seksama dampak konten kompetitif terhadap agresi. Oleh karena itu, peneliti ingin membandingkan tingkat agresi pada partisipan yang bermain video gim Elden Ring (konten kekerasan dan kompetitif), FIFA 22 (konten kompetitif), dan Minecraft (konten non-kompetitif dan non-kekerasan). Penelitian ini menggunakan metode One-Way ANOVA, melibatkan dua variabel, yaitu agresi dan konten video gim yang dimainkan. Variabel konten video gim dikelompokkan menjadi tiga yaitu video gim Elden Ring (konten kekerasan dan kompetitif), FIFA 22 (konten kompetitif), dan Minecraft (konten non-kompetitif dan non-kekerasan). Penelitian ini menggunakan alat ukur yang digunakan adalah milik Buss Perry dengan judul The Aggression Questionairre, yang diadaptasi ke dalam bahasa Indonesia. Hasil uji validitas alat ukur mendapatkan 27 item dari 29 item awal serta alat ukur dinilai reliabel pada angka 0.964 menggunakan Cronbach Alpha. Penelitian dilakukan secara daring dan melibatkan 366 partisipan dengan kriteria sebagai berikut: berkewarganegaraan Indonesia, dan berusia 18-25 tahun. Hasil akhir pengolahan data menunjukkan bahwa dari ketiga jenis video gim, Elden Ring berada pada posisi pertama, disusul dengan Minecraft, dan terakhir adalah FIFA 22. Hasil perbandingan level agresi dari ketiga video gim ini tidak sesuai dengan penelitian terdahulu, yakni Minecraft yang seharusnya berada di posisi terakhir, namun berada di posisi kedua. Hal ini dikarenakan Minecraft memiliki mode kekerasan di dalamnya, sehingga peneliti memperkirakan mode inilah yang berpeluang meningkatkan agresi pada partisipan. Untuk itu disarankan bagi penelitian selanjutnya, diharapkan menelaah lebih lanjut experience bermain video gim apakah sesuai dengan genre/ konten video gim yang bersangkutan. Saran lainnya adalah dapat melakukan penelitian secara offline dan dalam bentuk eksperimental sehingga extraneous variable (seperti experience bermain video gim) di luar penelitian dapat dikontrol dan tidak mempengaruhi data.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.125 second(s)