Kehadiran vaksinasi COVID-19 menjadi solusi untuk percepatan pemulihan kesehatan dan terciptanya herd immunity akibat virus COVID-19 yang mewabah di dunia. Pemerintah Indonesia mewajibkan untuk setiap penduduk agar menerima dosis vaksin COVID-19. Perusahaan-perusahaan di Indonesia turut membantu distribusi vaksin COVID-19 dalam bentuk program corporate social responsibility (CSR). Salah satu perusahaan yang mencanangkan program vaksinasi COVID-19 gratis sebagai bentuk CSR adalah PT Ciputra Development di berbagai daerah, salah satunya di perumahan CitraIndah Jonggol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah program CSR PT Ciputra Development ‘Vaksinasi COVID-19 Gratis’ memengaruhi citra perusahaan yang terbentuk pada warga perumahan CitraIndah. Penelitian menggunakan teori dimensi CSR Dahlsrud sebagai variabel independen dan elemen citra perusahaan sebagai variabel dependen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dengan perolehan data melalui kuesioner tertutup kepada 100 orang responden. Temuan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif antara program CSR PT Ciputra Development dengan citra perusahaan sebesar 51,8%, sedangkan sisa persentase sebesar 48,2% berhubungan dengan variabel-variabel lain yang dipengaruhi oleh kegiatan-kegiatan public relations lainnya, seperti aktivitas internal public relations atau external public relations. Saran ilmiah untuk penelitian selanjutnya adalah meneliti faktor lain yang memengaruhi citra perusahaan dan memperluas populasi penelitian. Sementara untuk saran praktis bagi PT Ciputra Development adalah mempertahankan dan meningkatkan program CSR bagi warga di sekitar, serta lebih mengimplementasikan nilai-nilai perusahaan di tengah warga perumahan. |