Anda belum login :: 21 Feb 2025 19:17 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
HUBUNGAN ACADEMIC RESILIENCE DAN SELF-ESTEEM PADA MAHASISWA PESERTA AYO SEKOLAH AYO KULIAH (ASAK)
Bibliografi
Author:
Andrini, Florencia Rosa
;
Shanti, Theresia Indira
(Advisor)
Topik:
academic resilience
;
self-esteem
;
mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara finansial
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2023
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
201907000144, Florencia Rosa Andrini, Theresia Indira Shanti, Hubungan Academic Resilience dan Self-Esteem Pada Mahasiswa Peserta Ayo Sekolah Ayo Kuliah (ASAK), 27 Januari 2023.pdf
(505.34KB;
23 download
)
201907000144_Florencia Rosa Andrini_LembarAdministrasi..pdf
(403.9KB;
3 download
)
Abstract
Anak yang berasal dari keluarga kurang mampu secara finansial cenderung untuk tidak menyelesaikan pendidikan karena masalah finansial hingga motivasi untuk tidak melanjutkan pendidikannya. Meskipun begitu, masih terdapat anak dari keluarga kurang mampu secara finansial yang masih mengejar pendidikannya hingga ke Pendidikan tinggi. Walaupun memiliki keterbatasan secara finansial, anak-anak yang masih mau belajar biasanya dapat memanfaatkan bantuan dari pemerintah atau komunitas tertentu. Misalnya komunitas Ayo Sekolah Ayo Kuliah (ASAK) yang memberikan bantuan finansial bagi anak-anak yang berasal dari keluarga kurang mampu.
Mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara finansial memiliki kesempatan untuk mencapai dunia perkuliahan dan memanfaatkan hal ini sebagai harapan bagi keluarga mereka. Tantangan yang dihadapi mahasiswa seperti beban kerja yang dapat menguras waktu dan tenaga, akan menyebabkan mahasiswa mengalami stres sehingga akan memungkinkan mahasiswa untuk gagal di bidang akademiknya. Oleh karena adanya tantangan yang dihadapi mahasiswa, diperlukan adanya academic resilience. Academic resilience adalah kemampuan mahasiswa untuk bertahan ditengah tantangan akademik yang dihadapi. Tantangan akademik yang dihadapi dapat diatasi apabila mahasiswa memiliki perasaan bahwa kemampuan yang dimilikinya berharga. Keberhargaan diri ini dapat disebut sebagai self-esteem.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan academic resilience dan self-esteem pada mahasiswa Ayo Sekolah Ayo Kuliah (ASAK). Pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner secara online dengan Google Forms. Kuesioner ini terdiri dari dua alat ukur psikologi yaitu Academic Resilience Scale-30 (ARS-30) untuk mengukur tingkat academic resilience mahasiswa dan Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES) untuk mengukur tingkat self-esteem mahasiswa. Data dari kedua variabel akan dianalisis menggunakan Teknik korelasional dan hasil penelitian akan berupa hubungan academic resilience dan self-esteem. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa academic resilience memiliki korelasi positif signifikan dengan self-esteem. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi academic resilience, maka self-esteem juga turut meningkat, begitu pula sebaliknya.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)