Anda belum login :: 21 Feb 2025 19:17 WIB
Detail
BukuHUBUNGAN ACADEMIC RESILIENCE DAN SELF-ESTEEM PADA MAHASISWA PESERTA AYO SEKOLAH AYO KULIAH (ASAK)
Bibliografi
Author: Andrini, Florencia Rosa ; Shanti, Theresia Indira (Advisor)
Topik: academic resilience; self-esteem; mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara finansial
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2023    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Anak yang berasal dari keluarga kurang mampu secara finansial cenderung untuk tidak menyelesaikan pendidikan karena masalah finansial hingga motivasi untuk tidak melanjutkan pendidikannya. Meskipun begitu, masih terdapat anak dari keluarga kurang mampu secara finansial yang masih mengejar pendidikannya hingga ke Pendidikan tinggi. Walaupun memiliki keterbatasan secara finansial, anak-anak yang masih mau belajar biasanya dapat memanfaatkan bantuan dari pemerintah atau komunitas tertentu. Misalnya komunitas Ayo Sekolah Ayo Kuliah (ASAK) yang memberikan bantuan finansial bagi anak-anak yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara finansial memiliki kesempatan untuk mencapai dunia perkuliahan dan memanfaatkan hal ini sebagai harapan bagi keluarga mereka. Tantangan yang dihadapi mahasiswa seperti beban kerja yang dapat menguras waktu dan tenaga, akan menyebabkan mahasiswa mengalami stres sehingga akan memungkinkan mahasiswa untuk gagal di bidang akademiknya. Oleh karena adanya tantangan yang dihadapi mahasiswa, diperlukan adanya academic resilience. Academic resilience adalah kemampuan mahasiswa untuk bertahan ditengah tantangan akademik yang dihadapi. Tantangan akademik yang dihadapi dapat diatasi apabila mahasiswa memiliki perasaan bahwa kemampuan yang dimilikinya berharga. Keberhargaan diri ini dapat disebut sebagai self-esteem.

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan academic resilience dan self-esteem pada mahasiswa Ayo Sekolah Ayo Kuliah (ASAK). Pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner secara online dengan Google Forms. Kuesioner ini terdiri dari dua alat ukur psikologi yaitu Academic Resilience Scale-30 (ARS-30) untuk mengukur tingkat academic resilience mahasiswa dan Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES) untuk mengukur tingkat self-esteem mahasiswa. Data dari kedua variabel akan dianalisis menggunakan Teknik korelasional dan hasil penelitian akan berupa hubungan academic resilience dan self-esteem. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa academic resilience memiliki korelasi positif signifikan dengan self-esteem. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi academic resilience, maka self-esteem juga turut meningkat, begitu pula sebaliknya.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)