Dunia akan selalu mengalami perubahan dan perkembangan yang tidak bisa dihindari oleh manusia, sehingga masyarakat perlu untuk terus beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi. Perubahan dan perkembangan yang terjadi dalam teknologi informasi membawa alat-alat yang inovatif bagi aktivitas pemasaran untuk meningkatkan efektivitas strategi pemasaran, yang disebut dengan digital marketing. Digital marketing dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya yaitu melalui content marketing pada media sosial. Somethinc merupakan perusahaan skincare lokal yang kerap kali melakukan aktivitas content marketing pada media sosial resmi perusahaan, khususnya TikTok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dari content marketing di TikTok @somethinofficial terhadap brand awaraness Somethinc. Teori yang digunakan sebagai acuan dalam penelitian ini adalah Komunikasi Pemasaran, Digital Marketing, Content Marketing, Media Sosial, TikTok, dan Brand Awareness. Variabel independen pada penelitian ini adalah content marketing yang memiliki empat dimensi, yaitu educates, informs, entertains, dan creates trustworthines. Variabel dependen pada penelitian ini adalah brand awareness dengan empat dimensi brand awareness, yaitu top of mind, brand recall, brand recognition, dan unaware of brand. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif eksplanatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner secara daring kepada 100 orang responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat content marketing pada media sosial TikTok @somethincofficial efektif terhadap brand awareness Somethinc. Hubungan antara content marketing dan brand awareness menggambarkan hubungan yang cukup. |