Tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR) adalah upaya untuk menyejahterakan masyarakat atau komunitas di wilayah korporasi menjalankan operasi bisnis. Salah satu permasalahan yang dihadapi di Indonesia adalah dalam bidang pendidikan, sehingga Bank Indonesia turut berperan dalam mengatasi permasalahan tersebut melalui program beasiswa dan pembentukan Komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi program CSR yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia dalam membangun hubungan komunitas mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia, yakni Komunitas GenBI. Strategi program CSR dianalisis menggunakan Teori Hierarki CSR dan Triple Bottom Line, sedangkan pembangunan hubungan komunitas dianalisis dengan Elemen Hubungan Komunitas serta Faktor Pengembangan dan Keberhasilan Hubungan Komunitas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan studi dokumen. Wawancara pada penelitian ini dilakukan kepada dua perwakilan Bank Indonesia, dua perwakilan Kantor Beasiswa Unika Atma Jaya, dan dua perwakilan Komunitas GenBI. Hasil penelitian yang diperoleh adalah strategi CSR Bank Indonesia secara garis besar terbagi menjadi dua program yang tidak dapat dipisahkan, serta terdapat upaya untuk membangun hubungan komunitas. Namun, komunikasi masih perlu ditingkatkan terutama melalui pertemuan secara luring untuk membangun dan mempererat hubungan komunitas. |