Penelitian ini dilakukan berdasarkan masalah disiplin yang masih ditemukan di pendidikan dasar, hal ini terlihat dalam penelitian terdahulu baik di Sekolah Negeri dan Sekolah Swasta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan karakter kedisiplinan siswa kelas V di SDN 01 Rawa Buaya dan SD Bunda Hati Kudus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru sangat penting dalam meningkatkan karakter kedisiplinan siswa. Guru harus memberikan contoh kedisiplinan yang baik, mengajarkan nilai-nilai kedisiplinan, mengelola kelas dengan baik, memberikan sanksi yang tegas, dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa dengan peran aktif guru, karakter kedisiplinan siswa dapat meningkat secara signifikan. Oleh karena itu, guru harus menyadari pentingnya perannya dalam meningkatkan karakter kedisiplinan siswa dan selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas pengajarannya. |