Anda belum login :: 07 Jun 2025 02:32 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
KONTRIBUSI POSITIVE REAPPRAISAL DAN POSITIVE REFOCUSING TERHADAP POST-TRAUMATIC GROWTH PADA MAHASISWA DI JAKARTA YANG BERDUKA SAAT PANDEMI COVID-19
Bibliografi
Author:
Suryadarma, Stanley
;
Shanti, Theresia Indira
(Advisor)
Topik:
Post-traumatic growth
;
bereavement
;
young adults
;
positive reappraisal
;
positive refocusing
;
Covid-19 pandemic
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2023
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
201907000256_STANLEY SURYADARMA_THERESIA INDIRA SHANTI_KONTRIBUSI POST-TRAUMATIC GROWTH, POSITIVE REAPPRAISAL, POSITIVE REFOCUSING, MAHASISWA BERDUKA, PANDEMI COVID-19_10 JAN 23.pdf
(626.33KB;
9 download
)
201907000256_Stanley Suryadarma_Lembar Administrasi.pdf..pdf
(294.84KB;
1 download
)
Abstract
Kedukaan pada pandemi COVID-19 memberikan dampak negatif terhadap mahasiswa. Dampak tersebut dinilai berbahaya mengingat bahwa mahasiswa berada pada tahap perkembangan yang membuat mereka lebih sensitif terhadap stimulus emosional. Akan tetapi, terdapat mahasiswa yang mengalami pertumbuhan positif yang disebut dengan post-traumatic growth. Memahami kedukaan merupakan aspek penting dalam post-traumatic growth, sehingga penting bagi mahasiswa untuk memilih strategi yang tepat dalam mencapainya. Terdapat dua strategi yang dapat membantu mahasiswa memahaminya yaitu positive reappraisal dan positive refocusing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi strategi positive reappraisal dan positive refocusing terhadap post-traumatic growth pada mahasiswa di masa pandemi COVID-19. Metode penelitian ini adalah kuantitatif, dengan 33 mahasiswa yang diperoleh menggunakan teknik Snowball sampling. Kuesioner penelitian menggunakan alat ukur Posttraumatic Growth Inventory (PTGI), Positive Reinterpretation and Growth Scale of the COPE Inventory, dan Positive Refocusing of the Cognitive Emotion Regulation Questionnaire. Hasil dari penelitian ini menunjukkan positive reappraisal dan positive refocusing tidak berkontribusi terhadap post-traumatic growth pada mahasiswa yang berduka di masa pandemi COVID-19.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.078125 second(s)