Anda belum login :: 28 Apr 2025 18:06 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
GAMBARAN SOCIAL SUPPORT ORANG TUA PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNIKA ATMA JAYA SELAMA PEMBELAJARAN DARING
Bibliografi
Author:
Felicia, Theresa Cindy
;
Wibawa, Dhevy Setya
(Advisor)
Topik:
Social Support
;
Orang Tua
;
Pembelajaran Daring
;
Mahasiswa
;
Fakultas Psikologi.
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2023
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
201907000234_THERESACINDY FELICIA_LEMBAR ADMINISTRASI.pdf
(338.34KB;
2 download
)
201907000234,THERESA CINDY FELICIA, DR. DHEVY SETYA WIBAWA, M.SI., GAMBARAN SOCIAL SUPPPORT ORANGTUA PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNIKA ATMA JAYA SELAMA PEMBELAJARAN DARING,27JANUARI 2023.pdf
(1.81MB;
30 download
)
Abstract
Sejak pandemi covid-19 di Indonesia, banyak aktivitas yang menjadi terbatas, salah satunya aktivitas pembelajaran yang berubah menjadi daring. Pembelajaran daring memerlukan waktu lebih banyak dalam menyiapkan berbagai tugas, terbatasnya kesempatan berinteraksi secara langsung antara dosen dan mahasiswa, hal tersebut menimbulkan ketidaknyamanan, perasaan tertekan hingga stress. Situasi tersebut membutuhkan dukungan di sekitarnya, dalam hal ini keluarga khususnya orang tua. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran social support dari orang tua kepada anaknya atau mahasiswa yang sedang menjalankan perkuliahan daring. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik sampling yaitu purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur secara online. Partisipan dalam penelitian adalah mahasiswa psikologi Unika Atma Jaya yang berjumlah 3 (tiga) orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mendapatkan empat jenis social support dari orang tua, yaitu dukungan emosional, dukungan penghargaan, dukungan informasi, dan dukungan instrumental. Dukungan yang dominan dirasakan mahasiswa adalah dukungan emosional dalam bentuk pemberian semangat dan perhatian yang membuat mahasiswa termotivasi. Namun besar dampaknya dari masing-masing partisipan dalam menjalani perkuliahan cukup berbeda. Meskipun adanya perbedaan dukungan yang diberikan oleh orang tua kepada masing-masing partisipan, hal tersebut dapat menunjukkan bahwa dukungan orang tua menjadi faktor penting dalam keberlangsungan pembelajaran daring bagi mahasiswa. Saran untuk penelitian berikutnya melibatkan partisipan dari latar belakang bidang studi yang berbeda agar data dapat dibandingkan hasilnya dan bisa lebih bervariasi.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.109375 second(s)