Anda belum login :: 09 May 2025 18:09 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
HUBUNGAN ANTARA WORKFORCE AGILITY DENGAN DIGITAL READINESS PADA DOSEN PERGURUAN TINGGI DI MASA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
Bibliografi
Author:
Dirgantara, Maheswara Basma
;
Suwartono, Christiany
(Advisor);
Yosua, Immanuel
(Advisor)
Topik:
workforce agility
;
digital readiness
;
dosen
;
revolusi industri 4.0
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2023
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
201907510142, MAHESWARA BASMA DIRGANTARA, CHRISTIANY SUWARTONO & IMMANUEL YOSUA, HUBUNGAN ANTARA WORKFORCE AGILITY DENGAN DIGITAL READINESS PADA DOSEN, 27 JANUARI 2023.pdf
(1.36MB;
1 download
)
201907510142_Maheswara Basma Dirgantara_LembarAdministrasi.pdf
(2.43MB;
0 download
)
Abstract
Dosen di masa Revolusi Industri 4.0 (disingkat menjadi IR 4.0 atau Industrial Revolution 4.0.) menghadapi berbagai perubahan yang terjadi dengan cepat dan terus menerus. Diantaranya yaitu meningkatknya pemanfaatan perangkat teknologi digital dalam proses pembelajaran, sejumlah kebijakan pemerintah Indonesia yang menuntut kesiapan penggunaan teknologi digital, serta perkembangan penggunaan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari. Perubahan-perubahan tersebut berpengaruh besar terhadap pekerjaannya sebagai seorang pendidik, seperti adanya berbagai perangkat dan sarana baru berbasis teknologi digital yang diimplementasikan dalam proses pengajaran dan pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, seorang dosen di masa IR 4.0 disyaratkan memiliki kesiapan untuk menerima, mengintegrasikan, serta mengambil manfaat dari perubahan teknologi yang terjadi. Workforce agility merupakan kemampuan seorang tenaga kerja untuk menghadapi suatu perubahan dengan respon yang sesuai dan mengambil manfaat dari perubahan tersebut. Digital readiness merupakan kesiapan seorang individu untuk menerima penerapan teknologi digital dalam kehidupannya serta dorongan untuk berinovasi dengannya. Dengan adanya integrasi teknologi digital, digital readiness dibutuhkan untuk menanggapi penerapan teknologi, dan untuk memberikan respon yang sesuai dibutuhkan workforce agility. Oleh karena itu, hipotesis penelitian ini adalah bahwa workforce agility memiliki hubungan dengan digital readiness pada dosen di masa IR 4.0.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitif dengan desain korelasional. Partisipan dalam penelitian ini adalah 125 individu dosen aktif di masa IR 4.0. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu convenience sampling dengan alat ukur workforce agility scale (WAS) dan technology readiness index (TRI). Penelitian ini mengguanakn Pearson correlation sebagai teknik analisis data.
Hasil yang ditemukan adalah bahwa adanya hubungan positif signifikan workforce aglity dengan digital readiness pada dosen di masa IR 4.0. Hal ini mengindikasikan semakin tinggi kemampuan seorang dosen untuk menanggapi suatu perubahan dengan sesuai, maka kesiapannya untuk menerima dan menerapkan teknologi digital dalam kehidupannya juga akan semakin tinggi.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.078125 second(s)