Anda belum login :: 17 Apr 2025 06:26 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Hubungan Antara Tingkat Harga Diri Terhadap Perilaku Pembelian Kompulsif Pada Pengemar Korean Pop di Masa Emerging Adulthood
Bibliografi
Author:
Precious, Heunice
;
Tanjung, Julia Rahadian
(Advisor)
Topik:
Penggemar Korean pop
;
tingkat ¬harga diri
;
perilaku pembelian kompulsif
Bahasa:
(ID )
Edisi:
0
Penerbit:
Program Studi Sarjana Kedokteran - Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2023
Jenis:
Theses - Karya Tulis Ilmiah Kedokteran (KTI-FK) - Registration of Karya Tulis Ilmiah Kedokteran
Fulltext:
Heunice Precious_RegKTI_2022.pdf
(824.93KB;
6 download
)
Heunice Precious_LembarAdministrasi.pdf
(326.36KB;
3 download
)
Abstract
Latar Belakang: Individu di kalangan emerging adulthood banyak memiliki perubahan dalam hidup mereka yang kemungkinan besar menyebabkan perubahan pada tingkat harga diri dan penggemar K-pop semakin meningkat karena fenomena K-pop semakin populer. Para penggemar membeli merchandise yang dikeluarkan sebagai tanda dukungan kepada idola dan hal ini dapat menyebabkan perilaku pembelian kompulsif. Perilaku pembelian kompulsif termasuk salah satu mekanisme coping terhadap harga diri yang rendah. Oleh karena itu, perlunya penelitian mengenai hubungan tingkat harga diri dan perilaku pembelian kompulsif pada penggemar K-pop yang berusia 18 – 25 tahun.
Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan potong lintang dengan melakukan penelitian observational analitik. Sampel penelitian ini adalah penggemar K-pop yang berdomisili di Jakarta yang berusia 18 – 25 tahun. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner Revised Edwards Compulsive Buying Scale (ECBS-R) dan Rosenberg Self-Esteem Scale dalam Bahasa Inggris. Uji statistik Chi-square digunakan untuk mengetahui hubungan antara tingkat harga diri terhadap perilaku pembelian kompulsif.
Hasil: Dari total 97 responden, terdapat hubungan yang bermakna pada tingkat ¬harga diri terhadap perilaku pembelian kompulsif.
Kesimpulan: Terdapat hubungan antara tingkat ¬harga diri dan perilaku pembelian kompulsif pada penggemar K-pop di masa emerging adulthood yang berdomisili di Jakarta.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.078125 second(s)