Dalam mendesain suatu produk, nilai kansei merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Dimana dalam kawaii engineering pada penelitian ini, nilai yang difokuskan untuk diteliti adalah kawaii. Dilakukan analisis atribut kawaii yang dapat digunakan untuk mendesain produk kemasan hand sanitizer, sehingga produk dapat menimbulkan perasaan kawaii kepada konsumen. Analisis atribut faktor kawaii dibagi menjadi 2 bagian, yaitu menggunakan model machine learning dan menggunakan uji statistik ANOVA. Penggunaan 2 metode ini dengan tujuan sebagai perbandingan dan integrasi. Model machine learning yang digunakan adalah model convolutional neural network yang dimana merupakan model paling baik untuk mengolah data berbasis gambar. Dari hasil klasifikasi gambar, didapatkan bahwa atribut warna dan bentuk memiliki pengaruh terhadap kawaiiness dari kemasan hand sanitizer. Untuk mengetahui warna dan bentuk yang kawaii, dibutuhkan uji statistik ANOVA dengan bantuan ANOM chart. Setelah data melewati uji normalitas dan homogenitas, dilakukan uji ANOVA terhadap data. Dan didapatkan bahwa faktor bentuk, warna, dan kombinasi bentuk dan warna memiliki pengaruh signifikan terhadap kawaii dari kemasan hand sanitizer. Dan setelah membuat tabel ANOM, didapatkan bahwa taraf faktor yang paling berpengaruh signifikan terhadap kawaiiness adalah bentuk square dengan warna pink. Dari hasil kombinasi taraf faktor yang didapatkan, dilakukan desain produk menggunakan AutoCAD dan dibuat prototype bentuknya menggunakan teknologi 3D printing. |