Anda belum login :: 20 Apr 2025 01:42 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pengaruh Self-Regulated Learning terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring pada Mahasiswa
Bibliografi
Author:
Salsabila, Renissa Ghassani
;
Irwanto
(Advisor)
Topik:
Self-Regulated Learning
;
Efektivitas Pembelajaran Daring
;
online learning
;
Mahasiswa
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2022
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
201807000163,_RENISSA_GHASSANI,_PROF_IRWANTO,_PH_D_,_PENGARUH_SELF.pdf
(537.02KB;
8 download
)
201807000163 _Renissa Ghassani Salsabila_Lembar Administrasi.pdf
(367.78KB;
1 download
)
Abstract
Di tengah pandemi yang berlangsung secara global, aspek-aspek kehidupan manusia seperti kegiatan sosial dan pendidikan mengalami perubahan yang signifikan. Pada aspek pendidikan, virus ini menyebabkan perubahan dalam kegiatan pembelajaran dari tatap muka menjadi daring. Berbagai perubahan yang terjadi tentunya menimbulkan perasaan yang tidak nyaman seperti khawatir, cemas, dan jenuh. Untuk mengatasi rasa tidak nyaman tersebut, individu perlu memiliki regulasi terhadap dirinya pada proses pembelajaran (self-regulated learning). Penelitian ini berfokus pada mahasiswa, karena mahasiswa merupakan individu yang berada pada jenjang tertinggi pada pendidikan dasar sehingga mahasiswa adalah contoh yang paling nyata untuk dapat mengikuti kebijakan adaptasi dengan cepat. Jika mahasiswa memiliki self-regulated learning yang baik, maka hal tersebut dapat membantu individu mencapai tujuan dari pembelajaran dengan baik sekalipun terdapat kendala dalam mencapai pembelajaran yang efektif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional khususnya adalah desain prediksi. Terdapat 142 responden dalam penelitian ini yang berusia 20-23 tahun, berkuliah di perguruan tinggi swasta, angkatan 2018 dan 2019 yang telah belajar dengan menggunakan metode tatap muka dan daring selama berkuliah. Penelitian ini menggunakan teknik convenience sampling. Untuk menjawab tujuan penelitian, peneliti menggunakan alat ukur Self-Regulated Learning dan Efektivitas Pembelajaran Daring. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik linear regression untuk melihat apakah variabel self-regulated learning dapat memprediksi variabel efektivitas pembelajaran daring. Hasil uji hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa self-regulated learning dapat memprediksi efektivitas pembelajaran daring secara signifikan pada mahasiswa yang melakukan pembelajaran pada masa pandemi. Pada penelitian selanjutnya, disarankan untuk menggunakan metode sampling yang lebih heterogen agar dapat merepresentasikan populasi dengan baik. Saran lain yang dapat diberikan adalah penelitian dapat dilanjutkan dengan menggunakan uji coba terlebih dahulu untuk meningkatkan keoptimalan dari alat ukur tersebut.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.09375 second(s)