Anda belum login :: 23 Jul 2025 04:42 WIB
Detail
BukuGambaran Self-esteem Perempuan Muda yang Mengikuti Konten Kecantikan di Instagram
Bibliografi
Author: Chandra, Michelle ; Dwi, Maria Magdalena Tri Warmiyati (Advisor)
Topik: self-esteem; kecantikan; perempuan dewasa muda; Instagram
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2022    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Penggunaan media sosial Instagram oleh perempuan dewasa muda seringkali disangkutpautkan dengan konstruk kecantikan, persepsi kecantikan ideal yang ada juga seringkali membuat mereka melakukan perbandingan sehingga berdampak pada konsep diri, salah satunya self-esteem. Menurut penelitian terdahulu, perempuan lebih rentan mengevaluasi penampilan fisiknya dirinya secara negatif setelah membandingkan diri dengan perempuan lain yang lebih sesuai dengan kriteria kecantikan. Evaluasi negatif tersebut dapat berdampak pada self-esteem individu secara keseluruhan yang akhirnya mempengaruhi subjective well-being dan kepuasan hidup individu, oleh karena itu penting untuk mencari tahu gambaran self-esteem pada perempuan muda yang mengikuti kecantikan fisik di Instagram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan metode pengambilan data wawancara semi-terstruktur. Partisipan penelitian ini berjumlah tiga orang yang dipilih dengan metode criterion I sampling dengan karakteristik perempuan usia 21-24 tahun yang mengikuti beauty influencer di Instagram dengan self-esteem rendah. Pengambilan data untuk penelitian ini dilakukan secara online dan one-on-one melalui video call dengan masing-masing partisipan. Data yang didapatkan dianalisis dengan metode analisis tematik pendekatan deduktif. Peneliti juga melakukan respondent validation dengan memberikan hasil analisis partisipan kepada masing-masing partisipan untuk mendapat persetujuan dan feedback sebagai usaha menjaga integritas penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa self-esteem partisipan cenderung positif walaupun melakukan perbandingan penampilan fisik saat melihat konten di Instagram karena partisipan lebih bisa menerima penampilan fisik pribadi. Selain itu partisipan juga belajar meningkatkan kompetensi kecantikan mereka dengan melihat unggahan beauty influencer di Instagram. Self-esteem partisipan dipengaruhi oleh evaluasi terhadap kecantikan fisik terutama untuk dimensi likeability, competence, dan physical attractiveness. Partisipan menyebutkan beauty privilege di masyarakat saat melakukan interaksi sosial dan bekerja. Saran untuk penelitian lanjutan adalah untuk melakukan mixed method dengan menggunakan alat ukur terstandar dalam screening partisipan untuk mengukur tinggi/rendahnya self-esteem partisipan dan melakukan observasi selama wawancara (in-depth interview) sebagai data tambahan untuk interpretasi hasil penelitian.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)