Perkembangan industri kosmetik di Indonesia menyebabkan persaingan yang ketat antar merek sehingga setiap merek berupaya menciptakan strategi komunikasi pemasaran yang efektif. Lacoco merupakan salah satu merek perawatan kulit lokal yang diproduksi PT AVO Innovation Technology yang melakukan komunikasi pemasaran di media sosial Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pesan dan strategi media, serta mengetahui pengaruh kedua strategi tersebut dalam membangun brand image dari merek Lacoco melalui Instagram. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi komunikasi pemasaran, yang terdiri dari strategi pesan dan strategi media, dan teori brand image. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Data primer diperoleh melalui wawancara mendalam dan data sekunder diperoleh melalui observasi Instagram lacoco.id dan studi dokumen situs web Lacoco dan PT AVO Innovation Technology. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pesan yang dilakukan oleh Lacoco dilakukan dengan memberikan pesan berbentuk product knowledge, entertainment, brand awareness, brand CSR, dan brand campaign. Strategi media yang dilakukan oleh Lacoco dilakukan melalui Instagram karena jumlah audiens yang besar dan tidak terdapat waktu khusus untuk mengunggah konten. Strategi pesan dan strategi media sudah membangun brand image dengan mengomunikasikan positioning, brand value, dan konsep merek di Instagram. |