Penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah Audit Manajemen atas Fungsi Customer service pada PT Bank XYZ. PT Bank XYZZ merupakan salah satu perusahaan perbankan di Indonesia. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengevaluasi efektivitas, efisiensi, dan ekonomisasi atas kebijakan dan prosedur, meninjau pelaksanaan kegiatan operasional perusahaan atas fungsi customer service dan menganalisis perbedaan kebijakan ataupun prosedur yang terdapat pada fungsi customer service sebelum dan sesudah adanya pandemi. Metode yang digunakan dalam melakukan kegiatan audit manajemen ini adalah observasi, wawancara, internal control questionnaire dan penyebaran kuesioner kepada nasabah atas fungsi customer service pada PT Bank XYZ. Hasil dari penelitian audit manajemen ini menunjukan bahwa perushaan memiliki fungsi customer service yang cukup efektif, efisien dan ekonomis juga tidak terdapatnya perubahan atas kebijakan dan prosedur yang telah ditetapkan manajemen sebelum dan pada saat pandemi. Pihak manajemen perusahaan telah menaati kebijakan dan peraturan pemerintah yang berlaku. Sebagian besar dari hasil kuesioner kepuasan nasabah menunjukan bahwa tingkat kepuasan nasabah atas pelayanan yang diberikan cukup memberikan angka yang memuaskan. Meski begitu, penulis menemukan beberapa temuan auditatas fungsi customer service, yaitu komunikasi dan keramahan para karyawan yang perlu ditingkatkan dan tidak terdapatnya program pemberian penghargaan bagi para karyawannya. Oleh karena itu, penulis memberikan saran konstruktif yang dapat dilakukan oleh perusahaan agar efektivitas, efisiensi, dan ekonomisasi fungsi customer service dapat lebih ditingkatkan. |