Media pembelajaran adalah segala sesuatu baik dalam bentuk alat, manusia, teknologi maupun sarana prasarana yang dapat kita berikan melalui sebuah pesan dari pengirim kepada penerima yang bertujuan untuk merangsang peserta didik di dalam pembelajaran. Media pembelajaran berbasis Powerpoint Interaktif yang memiliki berbagai fitur seperti teks, animasi, video, audio, design, background, dan hyperlink. Salah satu software yang peneliti gunakan dalam pengembangan media ini yaitu Microsoft Powerpoint. Penggunaan media pembelajaran berbasis Powerpoint Interaktif khususnya pada pembelajaran matematika dapat menarik perhatian peserta didik dan mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Powerpoint Interaktif pada materi operasi hitung pecahan untuk kelas V SD. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu Research and Development (R&) dan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan yaitu analisis, desain/perencanaan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti dengan menggunakan observasi, wawancara terstruktur kepada guru dengan menggunakan Gform, dan wawancara tidak terstruktur kepada peserta didik. Media Powerpoint Interaktif ini dikembangkan berdasarkan dengan hasil analisis kebutuhan guru dan peserta didik. Salah satunya terkait guru belum menggunakan media berbasis Powerpoint Interaktif, peserta didik merasa sulit dan tidak menyukai pembelajaran matematika, keterbatasan media yang digunakan oleh guru pada saat proses pembelajaran. Oleh karena itu peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis Powerpoint Interaktif yang menarik, dan tentunya mudah dipahami oleh peserta didik kelas V SD. Kesimpulan dari hasil penelitian media pembelajaran berbasis Powerpoint Interaktif yang telah divalidasi oleh ahli materi, media, dan praktisi lapangan menunjukan media yang dikembangkan menarik, mudah dipahami dan menyenangkan saat digunakan dalam pembelajaran. |