Media berbasis ICT menjadi perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan untuk mendorong pemanfaatannya digunakan secara terintegrasi ke dalam pembelajaran masa kini. Tujuan dari penelitian adalah mendeskripsikan pengaruh penggunaan media berbasis information and communications technology (ICT) terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPS. Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN Duri Kosambi 10 Pagi. Jenis penelitian yang dilakukan eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan observasi. Hasil perolehan data nilai pos tes kelas eksperimen sebesar 83,39 dan kelas kontrol 73,33. Sehingga perbedaan nilai rata-rata pos tes kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol yaitu 83,4 > 73,3. Kemudian data hasil pos tes dianalisis dengan uji t menggunakan IBM SPSS Statistic 24, menunjukkan nilai signifikansi 0,01 < 0,05, dengan begitu penggunaan media berbasis ICT memiliki pengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS di kelas V SDN Duri Kosambi 10 Pagi. Hasil wawancara dan observasi penggunaan media berbasis ICT menunjukkan pengaruh positif terhadap minat belajar dan interaksi peserta didik di kelas dibuktikan hasil belajar meningkat pada kelas eksperimen. |