Dalam mencapai tujuan pembelajaran, guru memerlukan media dan bahan ajar yang dapat membantu guru dalam menyampaikan materi ke siswa. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan guru yaitu lembar kerja siswa (LKS). Proses menghasilkan dan menciptakan suatu bahan ajar disebut pengembangan. Pada penelitian ini, peneliti mengembangkan sebuah produk yaitu LKS yang berjudul “Sumber Energi”. Penelitian ini bertujuan untuk membuat LKS yang dapat digunakan sebagai media dan bahan ajar alternatif untuk guru dalam menyampaikan materi IPA khususnya materi sumber energi. Model pengembangan yang digunakan oleh peneliti dalam membuat LKS ini adalah menggunakan model pengembangan R&D (Research and Development) ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang mencakup tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. LKS dikembangkan dengan menggunakan lima tahap pendekatan saintifik, yaitu: 1) tahap mengamati; 2) tahap menanya; 3) tahap mencoba; 4) tahap menalar; dan 5) tahap mengomunikasikan. LKS ini telah melalui tahap revisi berdasarkan saran dan masukan dari validasi ahli media, ahli materi, dan ahli Bahasa, serta uji coba satu-satu dan uji coba kelompok kecil. Hasil dari penelitian pengembangan, yaitu: 1) LKS berbasis pendekatan saintifik dikembangkan menggunakan lima tahap model pengembangan ADDIE; 2) LKS berbasis pendekatan saintifik dikembangkan menggunakan lima tahap pendekatan saintifik; 3) LKS berbasis pendekatan saintifik dapat membuat siswa tertarik untuk membaca, mengerjakan, dan memahami isi LKS mengenai sumber energi; dan 4) Memberi pengalaman baru yang menyenangkan untuk siswa melalui kegiatan percobaan. LKS yang dihasilkan ini dapat menjadi referensi sebagai media dan bahan ajar yang digunakan guru untuk menyampaikan materi sumber energi. |