Anda belum login :: 21 Jul 2025 07:10 WIB
Detail
BukuPENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK SISWA KELAS IV SD
Bibliografi
Author: Indabaja, Imelda Dita Aulivasari ; Rahmawati, Magdalena Chori (Advisor)
Topik: Pengembangan; lembar kerja siswa; pendekatan saintifik; materi sumber energi; siswa kelas IV SD.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2022    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Dalam mencapai tujuan pembelajaran, guru memerlukan media dan bahan ajar yang dapat membantu guru dalam menyampaikan materi ke siswa. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan guru yaitu lembar kerja siswa (LKS). Proses menghasilkan dan menciptakan suatu bahan ajar disebut pengembangan. Pada penelitian ini, peneliti mengembangkan sebuah produk yaitu LKS yang berjudul “Sumber Energi”. Penelitian ini bertujuan untuk membuat LKS yang dapat digunakan sebagai media dan bahan ajar alternatif untuk guru dalam menyampaikan materi IPA khususnya materi sumber energi. Model pengembangan yang digunakan oleh peneliti dalam membuat LKS ini adalah menggunakan model pengembangan R&D (Research and Development) ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang mencakup tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. LKS dikembangkan dengan menggunakan lima tahap pendekatan saintifik, yaitu: 1) tahap mengamati; 2) tahap menanya; 3) tahap mencoba; 4) tahap menalar; dan 5) tahap mengomunikasikan. LKS ini telah melalui tahap revisi berdasarkan saran dan masukan dari validasi ahli media, ahli materi, dan ahli Bahasa, serta uji coba satu-satu dan uji coba kelompok kecil. Hasil dari penelitian pengembangan, yaitu: 1) LKS berbasis pendekatan saintifik dikembangkan menggunakan lima tahap model pengembangan ADDIE; 2) LKS berbasis pendekatan saintifik dikembangkan menggunakan lima tahap pendekatan saintifik; 3) LKS berbasis pendekatan saintifik dapat membuat siswa tertarik untuk membaca, mengerjakan, dan memahami isi LKS mengenai sumber energi; dan 4) Memberi pengalaman baru yang menyenangkan untuk siswa melalui kegiatan percobaan. LKS yang dihasilkan ini dapat menjadi referensi sebagai media dan bahan ajar yang digunakan guru untuk menyampaikan materi sumber energi.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)