Anda belum login :: 04 Jun 2025 18:58 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Analisis Kualitas Pelayanan Kopi Nako Menggunakan Big Data, Importance Performance Analysis (IPA) & Decision Making Trial And Evaluation Laboratory (DEMATEL)
Bibliografi
Author:
Gunawan, Michael Enrique Alexand
;
Sukwadi, Ronald
(Advisor)
Topik:
Coffee Shop
;
Kepuasan Konsumen
;
Big Data Analysis
;
Importance Performance Analysis (IPA)
;
Decision Making Trial and Evaluation Laboratory (DEMATEL)
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2022
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Michael Enrique Alexand Gunawan_Undergraduated Theses_2022.pdf
(4.19MB;
25 download
)
201804530085_Michael Enrique Alexand Gunawan_LembarAdministrasi.pdf
(147.73KB;
3 download
)
Abstract
Perkembangan bisnis coffee shop terus mengalami peningkatan setiap tahunnya dan tentunya meningkatkan persaingan yang ketat dalam dunia coffee. Selain itu, setiap coffee shop berlomba – lomba untuk selalu memberikan kualitas pelayanan yang terbaik agar konsumen tertarik mengunjungi coffee shop tersebut dibandingkan coffee shop lainnya. Konsumen yang kurang puas dengan pelayanan yang diberikan tentunya akan memberikan dampak negatif bagi suatu coffee shop sendiri yang mana konsumen akan beralih ke tempat lain dan mempengaruhi pemasukan di coffee shop tersebut. Salah satu coffee shop yang sedang melakukan pembangunan terus menerus di berbagai daerah di Indonesia adalah Kopi Nako. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kinerja pihak Kopi Nako dan tingkat kepentingan yang diinginkan konsumen berdasarkan big data analysis dari customer reviews dengan menggunakan metode importance performance analysis (IPA) dan metode decision making trial and evaluation laboratory (DEMATEL), yang mana berfungsi untuk mengetahui hubungan antar atribut yang memerlukan perbaikan dari metode importance performance analysis (IPA). Hasil yang didapatkan dari penggunaan big data analysis dari customer reviews adalah kumpulan topik – topik terpilih yang digunakan untuk membuat atribut pernyataan yang akan disebarkan kepada konsumen Kopi Nako maupun manajemen Kopi Nako. Berdasarkan hasil pengolahan metode importance performance analysis (IPA), terdapat 4 atribut yang menjadi prioritas utama perbaikan yaitu terdapat toilet yang bersih, staff melayani konsumen dengan cepat dan konsisten, coffee shop memiliki staff yang sudah terlatih dan berpengalaman, makanan terlihat segar dari segi warna dan aroma. Berdasarkan hasil pengolahan metode decision making trial and evaluation laboratory (DEMATEL), atribut staff melayani konsumen dengan cepat dan konsisten merupakan atribut yang mempengaruhi ketiga atribut lainnya karena memiliki tingkat prominence dan tingkat relation yang tinggi.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.09375 second(s)