Dalam zaman yang modern ini, banyak orang orang pintar yang membuat terobosan terobosan terbaru yang dapat memudahkan kehidupan manusia. Salah satu terobosan yang sangat berguna adalah sebuah smartphone. Sejarah smartphone ini dimulai dari ditemukannya telepon sebagai alat komunikasi oleh Alexander Graham Bell dan rekannya yang bernama Thomas Watson pada tahun 1875. Pada saat ini, mayoritas masyarakat menggunakan smartphone untuk berbagai hal seperti berkomunikasi, hiburan, dan lain lain. Seiring berkembangnya smartphone, banyak juga pengembang aplikasi yang berlomba lomba membuat aplikasi pada perangkat smartphone. Tentu saja aplikasi yang dibuat oleh para pengembang aplikasi diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi penggunanya. Salah satu komponen terpenting dalam membuat aplikasi adalah User Experience. Bila komponen ini dibuat dengan baik, tentu saja akan menjadi daya tarik bagi para calon penggunanya. Pada penelitian ini, dilakukan perancangan User Experience dari aplikasi kesehatan menggunakan bantuan perangkat lunak Figma. Penelitian ini dibagi menjadi 5 tahap yang meliputi strategy plane, scope plane, structure plane, skeleton plane, dan surface plane. Selain itu pada bagian akhir ditambahkan wawancara untuk mengetahui apakah prototype yang dibuat sudah cukup bagus atau tidak. Aplikasi yang dibuat memiliki fitur utama yaitu pencarian rumah sakit, apotek dan dokter. Selain itu, berita berita kesehatan juga dimasukan ke aplikasi ini. Dari wawancara akhir setelah prototype jadi, dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang dibuat sudah cukup baik namun masih perlu dikembangkan lagi. |