Anda belum login :: 18 Apr 2025 05:16 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Strategi kampanye Alzheimer Indonesia #janganmaklumdenganpikun dalam membangun kesadaran akan isu demensia (artikel Jurnal PRofesi Humas Vol 6, No 1 2021)
Bibliografi
Author:
Immanuel, Joel
;
Natalia, El Chris
Topik:
Hubungan masyarakat
;
strategi kampanye
;
kesadaran
;
isu
;
komunikasi kesehatan
;
JABFUNG-FIABIKOM-ECN-2022-06
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
LP3 Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
Tempat Terbit:
Bandung
Tahun Terbit:
2021
Jenis:
Article - diterbitkan di jurnal ilmiah nasional
Fulltext:
28296-121479-1-PB.pdf
(401.65KB;
8 download
)
[
Informasi yang berkaitan dengan koleksi ini di internet
]
Abstract
Alzheimer Indonesia (ALZI), salah satu organisasi nonprofit membuat sebuah kampanye sosial dengan tema #JanganMaklumDenganPikun (#JMDP) dalam membangun kesadaran masyarakat. Tujuan dari kampanye yang dilakukan oleh ALZI adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai penyakit demensia yang tidak bisa dianggap sebagai hal remeh. Pikun tidak lagi menjadi sesuatu hal yang biasa karena dapat menjadi salah satu tanda atau gejala dari penyakit demensia. Penelitian ini membahas mengenai strategi kampanye yang dilakukan oleh Alzheimer Indonesia (ALZI) dengan tema #JanganMaklumDenganPikun dalam membangun kesadaran terhadap isu demensia. Penelitian berfokus pada program Summer School Fakultas Kedokteran, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Kampanye #JMDP dirancang dengan berdasarkan pada isu mengenai kurangnya kesadaran masyarakat akan penyakit demensia. Pada penelitian ini teori yang digunakan yaitu Public Relations, Kampanye, Strategi Kampanye Publik dengan fokus pada model kampanye Ostergaard, Isu, dan Komunikasi Kesehatan. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan dua cara, yaitu wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga unsur dalam membangun kesadaran, yaitu pertama adanya konsistensi penggunaan #JMDP pada setiap kegiatan kampanye. Kedua, strategi proaktif dapat membantu untuk menjangkau masyarakat. Ketiga, penempatan pada sesi peningkatan kesadaran dengan ALZI dinilai sudah tepat dalam meningkatkan kesadaran peserta Summer School yang dapat menjadi agen kampanye di lingkungannya masing-masing. Maka, dapat disimpulkan bahwa kampanye #JMDP menggunakan proaktif dan reaktive strategy, penyusunan strategi kampanye sesuai dengan model Ostergaard, dan penempatan sesi peningkatan kesadaran sudah sesuai untuk membangun kesadaran akan isu demensia.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.078125 second(s)