Penelitian ini membahas mengenai komunikasi antarpribadi guru dan murid dalam membentuk karakter murid berkebutuhan khusus di SDLB/B Pangudi Luhur (PL), Jakarta Barat. Murid berkebutuhan khusus pada penelitian ini berfokus pada anak tunarungu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran komunikasi antarpribadi guru dan murid dalam membentuk karakter siswa-siswi tuli Sekolah Dasar di SLB/B PL, Jakarta Barat. Teori yang digunakan, antara lain Komunikasi Antarpribadi, Pembelajaran Sosial, dan Pendidikan Karakter. Pada penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif analisis deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah guru, murid, dan orang tua. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi antarpribadi antara guru dan murid berperan dalam membentuk karakter murid tunarungu, sehingga dapat membentuk rasa aman dalam diri murid dan muncul rasa percaya diri serta guru dapat menjadi role model bagi muridnya. |