Anda belum login :: 07 Jun 2025 13:56 WIB
Detail
BukuUJI MODEL PENGGUNAAN PRODUK KOSMETIK RAMAH LINGKUNGAN (GREEN COSMETICS) BERDASARKAN TEORI VALUES, IDENTITY, PERSONAL NORM
Bibliografi
Author: Geraldine, Caroline Marqueritha ; Rocky (Advisor)
Topik: Teori VIP; green cosmetics; kosmetik ramah lingkungan
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2022    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Meningkatnya fenomena mengenai kerusakan alam akibat industri kecantikan dalam memproduksi produk kecantikan/kosmetik, menyebabkan kesadaran akan penggunanya untuk beralih ke produk kosmetik ramah lingkungan. Biospheric values dalam diri individu terbukti dapat memprediksi environmental self-identity pada diri individu. Environmental self-identity juga terbukti secara signifikan dapat memprediksi personal norm diri individu. Begitu juga dengan personal norm dapat memprediksi interest in green cosmetics sehingga individu tertarik untuk menggunakan produk kosmetik ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur apakah teori VIP dapat memprediksi perilaku individu dalam menggunakan produk kosmetik ramah lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan perolahan jumlah partisipan sebanyak 280 partisipan wanita berusia 18-35 tahun yang berdomisili di Jabodetabek dengan menggunakan teknik convenience sampling. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah alat ukur VIP yang sudah diterjemahkan dan itemnya sudah disesuaikan dengan konteks penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel biospheric values dapat memprediksi environmental self-identity, environmental self-identity dapat memprediksi personal norm, dan personal norm dapat memprediksi interest in green cosmetics dengan nilai koefisien di atas 0.6. Hasil ini menunjukkan bahwa setiap variabel secara signifikan memiliki peran dan kontribusinya masing-masing dalam memprediksi variabel outcome-nya. Semakin tinggi nilai koefisiennya, maka semakin tinggi juga variabel tersebut dalam memprediksi variabel outcome. Secara keseluruhan, penelitian ini mampu membuktikan bahwa variabel values (biospheric values), identity (environmental self-identity), dan personal norm mampu memprediksi interest dalam penggunaan produk kosmetik/kecantikan ramah lingkungan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)