Anda belum login :: 03 Jun 2025 03:09 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Hubungan antara Kepuasan terhadap Unboxing Experience dengan Kepuasan terhadap Produk Apple Inc.
Bibliografi
Author:
Felice, Anastasia
;
Dahesihsari, Rayini
(Advisor);
Yosua, Immanuel
(Advisor)
Topik:
kepuasan terhadap unboxing experience
;
kepuasan konsumen
;
Apple Inc.
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2022
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
201807000055_Anastasia Felice_LembarAdministrasi (1).pdf
(827.17KB;
0 download
)
201807000055, Anastasia Felice, Rayini Dahesihsari, Hubungan Kepuasan Terhadap Unboxing Experience dan Kepuasan Konsumen Apple Inc. di Jabodetabek,29072022.pdf
(1.33MB;
12 download
)
Abstract
Unboxing experience merupakan salah satu momen kritis dalam penilaian produk oleh konsumen dan merupakan salah satu fenomena dan inovasi yang menarik. Proses unboxing umumnya banyak digunakan oleh konsumen untuk membagikan pengalaman mereka di media sosial. Salah satu aspek yang berpengaruh dalam proses unboxing adalah kemasan dari produk. Apple Inc. merupakan salah satu perusahaan yang memperhatikan kemasan yang digunakan untuk membungkus produk. Dengan fenomena unboxing experience yang menjadi bagian dari pengalaman konsumen dalam menggunakan produk, maka tahapan unboxing juga menjadi bagian penting dalam proses konsumsi produk yang menentukan kepuasan konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada atau tidaknya hubungan antara kepuasan terhadap unboxing experience dengan kepuasan konsumen Apple Inc.. Penelitian ini menggunakan teknik sampling convenience yang diikuti oleh 118 sampel dari partisipan yang bersedia untuk mengikuti penelitian. Penelitian ini mengadaptasi alat ukur kepuasan konsumen milik Oliver, R.L. dan mengembangkan item dari teori milik Wang dan Mu-Chien untuk unboxing experience. Penelitian diolah menggunakan metode korelasi Spearman.
Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel. Selain itu, ditemukan juga melalui analisis tambahan bahwa sebanyak 90,7% partisipan memiliki pengalaman yang baik dan bervariasi antara bersemangat, senang, terdapat kepuasan tersendiri, dan yang paling unik, ada aroma baru yang khas dari saat membuka kemasan. ketika melakukan unboxing produk Apple Inc. Sebagai saran, penelitian selanjutnya dapat memperluas persebaran sampel dan menargetkan partisipan yang lebih spesifik agar dapat mendapatkan hasil penelitian yang lebih variatif. Eksplorasi terhadap pengalaman unboxing, seperti wangi atau aroma yang dirasakan beberapa partisipan penelitian dapat ditelaah lebih jauh. Implikasi hasil penelitian ini bermanfaat bagi strategi promosi maupun edukasi konsumen.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.09375 second(s)