Anda belum login :: 25 Jul 2025 09:42 WIB
Detail
BukuPERAN PERSEPSI KREDIBILITAS ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PRODUK MAKANAN ATAU SUPLEMEN KESEHATAN DI MASA PANDEMI COVID 19
Bibliografi
Author: , 'Novita ; Dahesihsari, Rayini (Advisor); Yosua, Immanuel (Advisor)
Topik: Persepsi kredibilitas; electronic word of mouth; kepuasan konsumen
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2022    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran persepsi kredibilitas electronic word of mouth terhadap kepuasan konsumen khususnya pada produk makanan atau suplemen kesehatan pada masa pandemi COVID-19. Hal ini didasarkan pada banyaknya berita yang tidak terbukti kebenarannya yang beredar tentang fungsi dari berbagai produk makanan dan suplemen kesehatan sepanjang masa pandemi yang dipercaya oleh konsumen. Subjek penelitian ini terdiri dari total 103 orang responden berusia 19-25 tahun yang pernah membeli dan mengkonsumsi produk makanan atau suplemen kesehatan selama masa pandemi COVID-19 dan pernah menerima dan membaca informasi/review/rating/pesan secara online terkait dengan produk yang dikonsumsinya. Penelitian ini menggunakan skala likert 5 poin (sangat tidak setuju - sangat setuju) yang terdiri dari 27 pertanyaan berbentuk kuesioner dengan 5 pertanyaan terbuka. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan persepsi kredibilitas electronic word of mouth berperan positif secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Alat ukur yang digunakan diadaptasi dari penelitian terdahulu yang kemudian disesuaikan dengan konteks penelitian dan ditranslasi ke dalam bahasa Indonesia. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji regresi linier berganda. Secara terpisah, aspek dari persepsi kredibilitas eWOM, yaitu kualitas argumen dan kesamaan karakteristik sumber dan penerima pesan berperan positif signifikan terhadap kepuasan konsumen. Implikasi dari hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan, baik dalam promosi produk maupun untuk mengembangkan program edukasi konsumen dalam
mengkritisi informasi yang diterima sebelum melakukan proses konsumsi.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)