Anda belum login :: 06 Jun 2025 16:07 WIB
Detail
BukuHubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Resiliensi Akademik pada Mahasiswa Tahun Pertama Perkuliahan Daring
Bibliografi
Author: Widjaja, Maristela Adeline ; Ferdian, Flaviana Rinta (Advisor)
Topik: dukungan sosial; teman sebaya; resiliensi akademik; mahasiswa tahun pertama; perkuliahan daring
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2022    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Mayoritas perkuliahan yang masih dilaksanakan secara daring memunculkan berbagai tantangan akademik bagi mahasiswa tahun pertama perkuliahan. Oleh karena itu, mahasiswa baru membutuhkan kemampuan resiliensi akademik yang dapat ditingkatkan melalui adanya dukungan sosial dari teman sebayanya. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif antara dukungan sosial teman sebaya dengan resiliensi akademik pada mahasiswa tahun pertama perkuliahan yang sedang menjalani perkuliahan daring. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional. Partisipan penelitian ini sebanyak 135 mahasiswa baru angkatan 2021 yang sedang menjalani perkuliahan daring. Penelitian ini menggunakan teknik convenience sampling untuk mendapatkan partisipan, serta menggunakan alat ukur Skala Dukungan Sosial Teman Sebaya dan ARS-Indonesia.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara dukungan sosial teman sebaya dengan resiliensi akademik pada mahasiswa tahun pertama perkuliahan daring dengan nilai korelasi sebesar 0.52 (p<0.001). Artinya, semakin tinggi dukungan sosial teman sebaya yang diterima mahasiswa baru, maka semakin tinggi pula resiliensi akademiknya. Selain itu, mahasiswa tahun pertama memiliki dukungan sosial teman sebaya dan resiliensi akademik yang cukup tinggi yang terlihat dari nilai rata-rata yang berada di atas nilai median alat ukur. Melalui hasil analisis tambahan menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara dimensi Guidance dan Perseverance (p>0.05), tidak terdapat perbedaan antara jenis kelamin mahasiswa tahun pertama dengan dukungan sosial teman sebaya dan resiliensi akademik (p>0.05), serta tidak terdapat perbedaan antara nilai IPK yang dimiliki mahasiswa tahun pertama dengan dukungan sosial teman sebaya dan resiliensi akademiknya (p>0.05).
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.078125 second(s)