Anda belum login :: 09 May 2025 08:51 WIB
Detail
BukuPENGARUH TRAITS KEPRIBADIAN DALAM BIG FIVE THEORY DAN EFIKASI DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMSI PAKAIAN BERKELANJUTAN
Bibliografi
Author: Oksiana, Grase ; Herabadi, Astrid Gisela (Advisor)
Topik: Traits kepribadian; Big-five theory; Efikasi diri; Perilaku konsumsi pakaian berkelanjutan
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2022    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Pencemaran lingkungan yang terjadi di Indonesia salah satunya disebabkan oleh limbah tekstil. Tingginya jumlah limbah tekstil ini merupakan cerminan dari fenomena fast fashion, dimana terdapat banyak pakaian yang dibuang karena pakaian mudah rusak, serta cepatnya perubahan tren pasar. Konsumsi merupakan alasan utama dalam memproduksi barang, sehingga perilaku konsumsi berkelanjutan dapat menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan lingkungan yang disebabkan oleh limbah pakaian. Perilaku konsumsi berkelanjutan dapat terlihat dari gaya hidup atau keseharian individu yang dipengaruhi oleh kepribadian, salah satunya traits kepribadian openness to experience, conscientiousness, extraversion, agreeableness, dan neuroticism pada Big-five Theory. Perilaku konsumsi berkelanjutan juga dapat diprediksi dari keyakinan individu bahwa perilakunya dapat memberikan dampak positif kepada lingkungan, sehingga efikasi diri juga sama pentingnya untuk memprediksi perilaku konsumsi berkelanjutan. Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh traits kerpibadian dan efikasi diri terhadap perilaku konsumsi pakaian berkelanjutan. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian explanatory design pada prediction research design. Pemilihan partisipan dilakukan dengan teknik convenience sampling. Partisipan penelitian berjumlah 110 orang dengan karakteristik usia 18-25 tahun dan berdomisili di Jabodetabek. Penelitian ini menggunakan metode linear correlation sebagai teknik analisis data penelitian untuk melihat pengaruh terhadap variabel. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh openness to experience, conscientiousness, extraversion, neuroticism, agreeableness, dan efikasi diri terhadap perilaku konsumsi pakaian berkelanjutan. Melalui penelitian ini peneliti berharap masyarakat dapat lebih terdorong untuk melakukan perilaku konsumsi pakaian berkelanjutan, dan pengelola usaha dapat membuat strategi pemasaran yang sesuai dengan identifikasi kepribadian dan efikasi diri konsumsen.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)