Anda belum login :: 06 Jun 2025 16:10 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
GAMBARAN ACTIVE PROCRASTINATION PADA MAHASISWA TINGKAT SARJANA
Bibliografi
Author:
Angelia, Theresia
;
Ferdian, Flaviana Rinta
(Advisor)
Topik:
Active Procrastination
;
Emerging Adulthood
;
Mahasiswa
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2022
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
201807000178_Theresia Angelia_LembarAdministrasi.pdf
(719.01KB;
19 download
)
201807000178,Theresia A., Flaviana Rinta Ferdian, Gambaran Active Procrastination pada Mahasiswa Tingkat Sarjana,29Juli2022.pdf
(751.32KB;
54 download
)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran active procrastination pada diri mahasiswa tingkat sarjana di beberapa perguruan tinggi serta menambah wawasan mengenai active procrastination sebagai bentuk perilaku prokrastinasi yang lebih positif dalam konteks akademis bagi pelajar. Active procrastination adalah penundaan yang dilakukan dengan tujuan tertentu, mampu bekerja dibawah tekanan waktu dan merasa termotivasi, mampu menyelesaikan tugas atau pekerjaan sebelum tenggat waktu dan mendapat hasil yang memuaskan (Choi & Moran, 2009). Berdasarkan tujuan tersebut, penelitian ini berjenis kuantitatif deskriptif dan menggunakan metode kuantitatif untuk menggali serta mengolah data. Metode pemilihan partisipan penelitian ini menggunakan convenience sampling. Berdasarkan teknik sampling tersebut diperoleh 173 mahasiswa dengan rentang usia 18-25 tahun untuk memenuhi kebutuhan data. Alat ukur yang digunakan penelitian ini adalah alat ukur Active Procrastination Scale yang memiliki empat dimensi (Outcome satisfaction, preference for pressure, intentional decision to procrastinate, dan ability to meet deadlines) hasil adaptasi Purwanto dan Natalya (2019) berupa kuesioner berjumlah 16 item. Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif dengan melihat nilai rata-rata, maksimum, minimum, dan standar deviasi pada tiap dimensi. Hasil penelitian menunjukkan level active procrastination pada mahasiswa tingkat sarjana relatif rendah. Hasil tersebut terlihat dari nilai rata-rata tiap dimensi menunjukkan nilai yang diperoleh mayoritas berada di bawah nilai tengah (skor = 4) alat ukur yang digunakan. Hasil analisa tambahan menunjukkan adanya perbedaan signifikan di dimensi ability to meet deadlines berdasarkan jenis kelamin, dan task value pada mahasiswa. Active procrastination dilihat sebagai salah satu strategi belajar mandiri mahasiswa yang belum mayoritas diterapkan di dalam kehidupan akademik mereka.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.125 second(s)