Anda belum login :: 03 May 2025 05:14 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Pengaruh Iklan Kosmetika Mustika Puteri terhadap Minat Beli Konsumen (Suatu Studi Perilaku Konsumen di Wilayah Jakarta Barat)
Bibliografi
Author:
Sugiharyanti, Woro Catur
;
Tulus, Moh. Agus
(Advisor)
Topik:
MARKETING
;
Perilaku Konsumen
;
Iklan
;
Minat Beli
;
Positioning
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
1997
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Woro Catur Sugiharyanti's Undergraduate Theses.pdf
(15.43MB;
16 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FEM-2807
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Kosmetika merupakan salah satu bidang industri yang tumbuh cukup subur di bumi Indonesia. Adanya persaingan yang cukup ketat di bidang industri kosmetika membuat para produsen kosmetika baik lokal maupun internasional harus mampu memahami dan memuaskan pelanggan sasaran dengan tawaran yang unggul untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan sasaran secara kompetitif dan menguntungkan. Pemasaran modern menghendaki lebih dari hanya mengembangkan produk yang baik, menetapkan harga yang bersaing serta teijangkau oleh pembeli sasaran. Perusahaan dituntut pula untuk dapat mengkomunikasikan dirinya baik dengan pelanggan sasaran maupun dengan pelanggan potensial. Iklan sebagai salah satu alat dari Bauran Komunikasi Pemasaran (Bauran Promosi) merupakan cara yang efisien untuk menjangkau berbagai pembeli yang tersebar secara geografis. Berikut ini adalah tahap-tahap perilaku pembelian, yaitu:
1. Pengenalan Kebutuhan.
2. Pencarian Informasi.
3. Evaluasi Altematif.
4. Keputusan Membeli.
5. Perilaku Setelah Pembelian.
Dalam Pengenalan Kebutuhan, Pencarian Infoimasi dan Evaluasi Altematif sebuah iklan dapat membantu konsumen untuk membuat Keputusan Membeli. Saat ini terlihat bahwa PT Mustika Ratu sedang gencar mempromosikan produk-produk kosmetika Mustika Puteri lewat iklan kepada masyarakat. Kehadiran iklan kosmetika Mustika Puteri di berbagai media (radio dan majalah) dapat membuat konsumen berminat membeli atau tidak berminat membeli produk-produk kosmetika Mustika Puteri. Namun masih banyak unsur selain sebuah iklan yang dapat membuat konsumen berminat membeli atau tidak berminat membeli produk yang dalam penelitian ini semua hal tersebut dianggap tetap (ceterisparibus). Riset yang dilakukan adalah riset yang bersifat eksplorasi untuk melakukan pengujian terdapat hipotesis, yaitu:
Terdapat hubungan antara iklan kosmetika Mustika Puteri dengan minat beli konsumen, dimana bila frekuensi iklan kosmetika Mustika Puteri naik maka minat beli konsumen terhadap produk tersebut naik dan bila frekuensi iklan kosmetika Mustika Puteri turun maka minat beli konsumen terhadap produk tersebut turun.
Metodologi penelitian yang digunakan adalah riset perpustakaan dan riset lapangan dengan mengunjungi perusahaan dan menyebarkan questionnaire kepada para remaja putri berusia 15-23 tahun yang berdomisili di wilayah Jakarta Barat dengan besar sampel 100 orang. Tanggapan para responden terhadap atribut-atribut iklan kosmetika Mustika Puteri baik di radio maupun di majalah adalah bagus mengingat setiap pertanyaan yang berhubungan dengan atribut-atribut iklan kosmetika Mustika Puteri oleh sebagian besar responden dijawab setuju. Umumnya para responden mempunyai minat untuk membeli produk-produk kosmetika Mustika Puteri. Dari hasil perhitungan diketahui bahwa ada korelasi yang cukup kuat antara iklan kosmetika Mustika Puteri dengan minat beli konsumen dan sifat antara kedua variabel adalah positif dan memiliki hubungan searah. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut di atas maka hipotesis yang diajukan oleh penyusun dapat diterima.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.09375 second(s)