Promosi merupakan unsur yang penting bagi perusahaan untuk memperkenalkan produknya kepada konsumen. Sebaik apapun produk yang dihasilkan, tanpa adanya promosi yang baik maka produk tersebut tidak akan menghasilkan keuntungan yang optimal bagi perusahaan. Untuk itu Penulis ingin menganalisa bagaimana PT. Kemang Pratama mempromosikan produk real estatenya secara efektif dan efisien kepada konsumen. Oleh karena itu pemasaran dirasakan menjadi sangat penting bagi sebuah perusahaan dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya. Didalam pemasaran ada sebuah sarana yang dikenal dengan bauran pemasaran yang terdiri dari 4 unsur yaitu: Product, Price, Place, Promotion. Keempat unsur tersebut perusahaan harus dapat mengkombinasikan secara serasi dan terkoordinasi. Dalam penulisan skripsi ini, penulis mengambil salah satu kegiatan dari promosi yaitu periklanan yang mempunyai tujuan yaitu untuk menyampaikan informasi, membujuk, mengingatkan kepada para konsumen akan produk perusahaan. Berdasarkan analisa yang telah penulis lakukan, ditarik sebuah hipotesa bahwa hubungan antara kegiatan periklanan yang dilaksanakan oleh perusahaan dengan penjualan adalah kuat dan positif, yang berarti setiap pertambahan biaya periklanan akan meningkatkan volume penjualan. Penghitungan koefisien korelasi (r) yang diperoleh adalah sebesar 0,9252., berarti ada hubungan yang positif antara peningkatan biaya periklanan dengan peningkatan penjualan. Sedangkan untuk mengetahui besarnya sumbangan atau kontribusi dari biaya periklanan terhadap tingkat penjualan dipergunakan koefisien determinasi, dimana besarnya koefisien determinasi ini sebesar 85,60% yang berarti bahwa sumbangan atau kontribusi dari biaya periklanan terhadap tingkat penjualan PT. Kemang Pratama adalah 85,60%. Sedangkan sisanya adalah merupakan pengaruh dari faktor-faktor bauran pemasaran, seperti product, price, place/distribution. |