Hubungan media merupakan kegiatan PR yang bertujuan memberikan informasi kepada publik untuk memperoleh kepercayaan dan dukungan, sedangkan publisitas adalah seluruh kegiatan yang dilakukan untuk memperkenalkan perusahaan dan produknya kepada publik melalui media massa. Enesis Group merupakan sebuah perusahaan FMCG yang memproduksi berbagai produk kesehatan dan menyelenggarakan Sentra Vaksinasi Covid-19. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi media relations yang dilakukan Enesis untuk memperoleh publisitas di media massa pada penyelenggaraan sentra vaksinasi Enesis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengambilan data melalui wawancara mendalam dan studi dokumen. Narasumber pada penelitian ini, antara lain Head PR Enesis, PRO Enesis, 2 (dua) pihak media massa, dan satu pakar ilmu komunikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam memahami dan melayani media massa, PR Enesis menekankan pada news value agar wartawan tertarik hadir, serta menyediakan press conference online. Selain itu hubungan media juga terjalin dari pemasangan iklan dan placement TV. PR Enesis membangun reputasi sebagai yang dapat diandalkan dengan mengirim undangan dan menjalin komunikasi melalui email dan Whatsapp. PR menyediakan salinan yang baik dengan memperhatikan news value pada siaran pers yang disebar dalam bentuk softcopy dan hardcopy yang dilengkapi dokumentasi. PR bekerja sama dalam penyediaan materi dengan melaksanakan press conference dan press interview. Dalam memfasilitasi verifikasi, PR melakukan press tour dan membuka kesempatan bagi media massa yang ingin divaksin. Dalam memperkokoh hubungan personal, hubungan yang terjalin bukan hanya dengan wartawan tapi juga AE. PR juga memberikan souvenir dan apresiasi kepada media, serta melakukan media gathering. Publisitas yang didapatkan dinilai PR Enesis sudah sesuai harapan. |