Anda belum login :: 06 Sep 2025 05:02 WIB
Detail
BukuAntropomorfisme dalam Komunikasi Pemasaran: Pengaruh Demonstrasi Antropomorfik Terhadap Persepsi Keampuhan Produk dan Intensi Membeli
Bibliografi
Author: Laksmidewi, Theresia Dwinita ; Afiff, Adi Zakaria (Advisor); Susianto, Harry (Advisor)
Topik: Antropomorfisme; persepsi keampuhan produk; demonstrasi produk
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Pascasarjana Universitas Indonesia     Tempat Terbit: Depok    Tahun Terbit: 2015    
Jenis: Theses - Dissertation
Fulltext: Antropomorfisme Dalam Komunikasi Pemasaran.pdf (4.88MB; 4 download)
Abstract
Disertasi ini bertujuan untuk menguji bahwa unsur antropomorfik dalam iklan, yaitu mendemonstrasikan keampuhan produk menggunakan perilaku manusia (demonstrasi antropomorfik), lebih efektif untuk menjelaskan keampuhan produk yang sulit dimengerti. Untuk mencapai tujuan ini dilakukan 3 studi eksperimental, dengan menggunakan arketip hero untuk menggambarkan produk dalam wujud manusia. 5 pilot studi dilakukan untuk membuat stimulus eksperimen berupa iklan TV animasi. Hasil studi 1 menunjukkan bahwa demonstrasi antropomorfik lebih efektif dibandingkan perilaku berbicara, dan nonantropomorfik.
Pada studi 2, demonstrasi antropomorfik memiliki pengaruh paling positif terhadap persepsi keampuhan produk jika karakter yang melakukannya sangat mirip dengan manusia nyata. Pengaruh ini tidak signifikan dimoderasi oleh tendensi antropomorfik. Pada studi 3, perilaku dengan kekerasan/tanpa kekerasan dalam demonstrasi antropomorfik berpengaruh positif terhadap persepsi keampuhan produk pada partisipan laki-laki, dan pada partisipan dengan power yang rendah. Pada ketiga studi tersebut persepsi keampuhan produk secara signifikan menjadi mediasi pengaruh demonstrasi antropomorfik terhadap intensi membeli.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.28125 second(s)