Anda belum login :: 06 May 2025 04:39 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
PERANCANGAN CUSTOMER JOURNEY MAP BERDASARKAN SENTIMEN ANALISIS GOOGLE REVIEW PUSAT PERBELANJAAN JAKARTA SAAT PANDEMI COVID 19
Bibliografi
Author:
Yulivyani
;
Sukwadi, Ronald
(Advisor);
Park, Arum
(Advisor)
Topik:
Google Review
;
Naïve Bayes Classifier
;
Customer Journey Map
;
Covid-19
;
Pusat Perbelanjaan.
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2022
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Yulivyani_Undergraduated Theses_2022.pdf
(15.87MB;
16 download
)
201804530002_Yulivyani_LembarAdministrasi.pdf
(425.27KB;
7 download
)
Abstract
Pada masa pandemi Covid 19, pusat perbelanjaan adalah salah satu yang terdampak dengan angka kunjungan pusat perbelanjaan di kuartal I tahun 2021 yaitu hanya 30% hingga 40% jika dibandingkan waktu sebelum pandemi. Pihak Mal memerlukan cara unuk dapat bertahan dimasa krisis seperti Pandemi. Penelitian bertujuan untuk memberi wawasan kepada manajemen Mal mengenai atribut, aktivitas interaksi atribut terkait, dan ide perbaikan untuk meningkatkan kepuasan pengunjung dengan memperbaiki interaksi dengan pengunjung. Kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan dapat diketahui dari respon konsumen. Perkembangan teknologi memudahkan perusahaan untuk mengetahui respon konsumen yang dituangkan dalam bentuk ulasan online. Google Review merupakan salah satu fitur dari Google Maps untuk memberikan ulasan pada suatu lokasi. Metode text mining digunakan dalam penelitian karena ulasan masih berupa data mentah yang tidak terstruktur dan banyak mengandung kata atau hal yang tidak penting. Hasil dari text mining adalah data bersih yang kemudian akan dilakukan sentiment analysis dengan metode Naïve Bayes Classifier, dari hasil pengolahan didapatkan akurasi sebesar 92,5%. 10 atribut dengan frekuensi terbesar pada kelas sentimen positif dan sentimen negatif divisualisasikan dengan bar chart dan wordcloud serta akan dijadikan sebagai input pada Customer Journey Map. Customer journey map disusun dengan melakukan brainstorming dengan stakeholder terkait yang kemudian akan dihasilkan ide yang bisa digunakan dalam memperbaiki atau meningkatkan pengalaman pengunjung pusat perbelanjaan.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.078125 second(s)