Distribusi adalah salah satu unsur dari bauran pemasaran yang memegang peranan penting dalam pemasaran suatu perusahaan. Distribusi merupakan aspek penting dalam pemasaran karena distribusi berfungsi untuk menyalurkan barang/biasa agar tersedia di pasar sehingga dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Dalam memperlancar arus barang/biasa dari produsen ke konsumen, maka perusahaan harus dapat memilih saluran distribusi yang tepat, karena kesalahan dalam memilih saluran distribusi akan memperlambat bahkan dapat mengakibatkan kemacetan Usaha pendistribusian barang atau jasa ke konsumen yang pada akhirnya akan merugikan perusahaan sendiri. PT Yanmar Diesel Indonesia adalah perusahan yang bergerak dalam industri mesin diesel. PT Yanmar Diesel Indonesia dalam memasarkan produknya melalui Agen Tunggal yaitu PT Pioneer Trading. Co. Ltd, para dealer dan sub-dealer. Dalam pembahasan skripsi ini penulis mengemukakan mengenai strategi bauran pemasaran perusahaan, kebijakan saluran distribusi yang diterapkan serta pengaruh penjualan produknya, lalu perkembangan yang dicapai perusahaan dengan kebijakan saluran distribusi yang telah dilakukan hingga saat ini. Sedangkan untuk mengetahui peranan biaya distribusi terhadap penjualan, penulis menggunakan beberapa metode statistik, yaitu Koefisien Korelasi, Koefisien Determinasi dan Analisis Koefisien Regresi. Masalah-masalah yang dihadapi oleh perusahaan dalam menyalurkan produknya adalah : 1. Masalah pendistribusian produk pada daerah yang kurang memadai. 2. Masalah pengawasan pada para penyalur yang berada di luar pulau Jawa. 3. Masalah pengiriman barang. 4. Masalah keterlambatan penyampaian produk dari perusahaan sampai ke konsumen. Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, PT Yanmar Diesel Indonesia melakukan pembenahan-pembenahan dan penentuan kebijakan tertentu yang dianggap perlu dalam penyelesaian masalah-masalah tersebut, misalnya perusahaan mengadakan penjajakan terhadap kemungkinan pengembangan dan penyebaran yang lebih intensif pada daerah yang kurang memadai, mengadakan semacam pertemuan dengan para dealer dan sebagainya. Dari hasil perhitungan yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa ada hubungan yang erat antara biaya saluran distribusi dengan hasil penjualan. Ini berarti kegiatan saluran distribusi yang dirancang dan dilaksanakan dengan baik akan berhasil meningkatkan hasil penjualan perusahaan. Oleh karena itu PT Yanmar Diesel Indonesia perlu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam menentukan saluran distribusi dengan baik. |