Anda belum login :: 20 Jul 2025 12:53 WIB
Detail
BukuStudi tentang faktor pendorong business performance pada UMKM di industri kreatif (artikel Jurnal AdBispreneur Vol.6 No.3 tahun 2021)
Bibliografi
Author: Setiyaningrum, Ari ; Ramawati, Yussi
Topik: market orientation; entrepreneurial orientation; marketing capability; business performance; Industri kreatif; JABFUNG-FEB-YSR-2022-09
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Departemen Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran     Tempat Terbit: Bandung    Tahun Terbit: 2021    
Jenis: Article - diterbitkan di jurnal ilmiah nasional
Fulltext: 34426-137961-1-PB.pdf (831.77KB; 8 download)
[Informasi yang berkaitan dengan koleksi ini di internet]
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu menguji sebuah model empiris untuk membuktikan apakah market orientation dan entrepreneurial orientation berpengaruh terhadap business performance secara langsung atau tidak langsung melalui peran mediasi marketing capability. Model penelitian diujikan pada konteks Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang bergerak di industri kreatif. Data primer dikumpulkan melalui metode survei dengan pendistribusian kuesioner pada 295 pelaku UMKM di industri kreatif di Kalimantan Utara. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria responden telah menjalankan usahanya selama minimal satu tahun. Data penelitian selanjutnya dianalisis menggunakan PLS-SEM dengan SmartPLS. Hasil pengujian model empiris mengkonfirmasi bahwa market orientation dan entrepreneurial orientation terbukti berpengaruh secara langsung terhadap business performance dan berpengaruh secara tidak langsung terhadap business performance melalui peran mediasi marketing capability. Market orientation dan entrepreneurial orientation juga ditemukan berpengaruh positif terhadap marketing capability. Pada konteks UMKM di industri kreatif, market orientation ditemukan memiliki pengaruh yang lebih kuat terhadap business performance dibandingkan entrepreneurial orientation, sedangkan entrepreneurial orientation ditemukan memiliki pengaruh yang lebih kuat terhadap marketing capability dibandingkan dengan market orientation.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.125 second(s)