Salah satu sektor usaha pariwisata yang dikembangkan pemerintah Indonesia adalah MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition). Jakarta International Expo Kemayoran merupakan salah satu perusahaan di Jakarta yang bergerak di bidang MICE. Acara JFK 2019 yang diselenggarakan oleh PT. Jakarta International Expo merupakan subyek penelitian ini. Acara ini merupakan acara pameran terbesar, terpanjang, dan terlengkap se-Asia Tenggara. Jakarta Fair Kemayoran yang sebelumnya bernama Pekan Raya Jakarta adalah bagian dari planned events yang masuk dalam kategori bisnis. Acara bisnis merupakan kegiatan wisata yang memberikan kontribusi yang signifikan terhadap produk domestik bruto bagi suatu negara dan daerah serta turut menjadi branding bagi suatu destinasi. Dunia bisnis sering kali telah dipengaruhi oleh kemajuan teknologi dan komunikasi. Beriringan dengan hal tersebut, dunia pemasaran juga telah berkembang pesat. Beberapa perusahaan telah beralih dari cara konvensional menuju ke pemasaran digital guna untuk mempertahankan bahkan untuk mengembangkan bisnisnya. Tujuan penelitian ini adalah melihat penerapan pemasaran digital dalam strategi komunikasi pemasaran terpadu pada acara JFK 2019 serta kendala dan manfaat yang dirasakan dalam pemasaran digital yang diterapkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara semi terstruktur, observasi, dan rujukan dari berbagai dokumen pendukung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah memberikan gambaran terkait proses pemasaran digital, kendala dan manfaat untuk acara JFK dan acara JFK yang akan diselenggarakan selanjutnya. |