Teknologi internet semakin berkembang yang menyebabkan kemudahan dalam mengakses media sosial dan berbelanja secara online. Kejadian ini dimanfaatkan oleh pemasar untuk melakukan pemasaran secara digital, khususnya melalui media sosial, seperti yang dilakukan oleh Shopee. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh context, communications, collaboration, dan connections melalui media sosial terhadap keputusan pembelian: studi di e-commerce Shopee. Variabel pemasaran media sosial yang digunakan adalah context, communicatons, collaboration, dan connections. Kriteria responden yang digunakan dalam melakukan penelitian berasal dari Provinsi DKI Jakarta, berusia 18-29 tahun, serta menggunakan Shopee dan media sosial, yaitu Instagram dan TikTok. Jumlah responden yang didapatkan sebanyak 145 responden. Analisis penelitian dilakukan dalam bentuk analisis deskriptif, uji normalitas, analisis linier berganda, uji T, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel context tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan, variabel communications, collaboration, dan connections berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. |