Perkembangan teknologi di jaman modern (industri 4.0) mengarah pada proses digitalisasi yang ditandai dengan kemunculan internet sebagai salah satu faktor penting di era saat ini. Hal tersebut secara tidak langsung memberikan tanda bagi berbagai macam penyedia layanan jasa internet (ISP) untuk berlomba menarik minat pelanggan. Indihome dan Firstmedia merupakan ISP yang paling diminati di Indonesia dalam menyediakan layanan internet. Kedua perusahaan ini tentunya memiliki persaingan dalam merebut hati pelanggan. Salah satu faktor penting dalam persaingan bisnis ini ialah respon pelanggan dalam bentuk ulasan yang biasanya dilakukan melalui sarana media sosial seperti Twitter. Untuk itu penting untuk mempelajari bagaimana respon pelanggan dalam bentuk sentimen yang diberikan. Analisa sentimen dapat menjadi suatu cara untuk mempelajari respon pelanggan terhadap produk dan layanan. Analisa Sentimen merupakan suatu metode yang merupakan bagian dari Big Data dalam Data Science yang berguna untuk menilai sentimen dalam bentuk sentimen positif maupun negatif. Data yang dikumpulkan sebanyak 1000 tweet untuk masing – masing ISP yang akan diolah dengan bantuan Rstudio. Hasil pengolahan diperoleh 177 tweet positif, 489 netral, dan 334 tweet negatif untuk indihome sedangankan firstmedia memperoleh 620 tweet positif, 222 tweet netral, dan 158 tweet negatif. Adapun hasil secara lengkap yang diperoleh ditampilkan dalam beberapa bentuk visualisasi wordcloud, barplot, hingga fishbone diagram. |