Interaksi antara siswa guru di sekolah merupakan salah satu pembelajaran tatap muka agar para siswa bisa belajar. Pembelajaran yang dilakukan tentunya mempunyai masing-masing metode agar para siswa dapat belajar dengan baik. Sekolah SD Damin School memiliki masalah dalam hasil nilai ulangan terutama pada matematika. Hal ini mendorong dilakukan penelitian ini untuk merancang metode pembelajaran untuk para siswa SD berbasis game. Tujuannya adalah untuk mengetahui tingkat performa siswa sebelum dan sesudah belajar melalui game. Metode yang dilakukan antara lain studi literatur, Analisa kebutuhan (UCD), perancangan, pengujian, pengolahan data, analisa hasil dan pelaporan. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah adanya peningkatan performa siswa antara belajar umum (guru, mandiri, survey internet) dengan belajar melalui game yaitu sebesar 14%. Saran dari penelitian ini adalah perlunya peningkatan dari segi ketetarikan, pengarahan game (tutorial) dalam game, kesenangan dalam permainan. Hal tersebut bisa dilakukan dengan perubahan UI, sistem quiz, dan story. |