Anda belum login :: 02 Jun 2025 00:45 WIB
Detail
BukuFAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI TINGKAT STRES DAN KUALITAS TIDUR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN SELAMA PROSES PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19
Bibliografi
Author: Lunetta, Ivana ; Irawan, Robi (Advisor); Astiarani, Yunisa (Advisor)
Topik: tingkat stres; kualitas tidur; pembelajaran daring; pandemi Covid-19
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Sarjana Kedokteran - Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2022    
Jenis: Theses - Karya Tulis Ilmiah Kedokteran (KTI-FK) - Registration of Karya Tulis Ilmiah Kedokteran
Fulltext:
Abstract
Pendahuluan: Pandemi Covid-19 telah menyebabkan perubahan dalam sistem pembelajaran tatap muka menjadi sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Perubahan sistem yang mendadak menimbulkan perubahan aktivitas mahasiswa yang dapat mengakibatkan stres dan kualitas tidur yang memburuk.

Tujuan: Mengevaluasi hubungan faktor-faktor terkait pembelajaran daring dengan tingkat stres dan kualitas tidur mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya selama masa pandemi Covid-19

Metode: Penelitian observasional analitik dengan desain potong lintang, dilakukan pada 121 mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Atma Jaya angkatan 2018, 2019, dan 2020. Pengambilan data dengan cara membagikan kuesioner secara daring melalui Google Formulir. Kuesioner terkait pembelajaran daring dibuat untuk menelaah proses PJJ, dan kuesioner DASS digunakan untuk menilai tingkat stress pada mahasiswa. Kualitas tidur mahasiswa dinilai dengan kuesioner PSQI. Analisis bivariat dilakukan untuk menilai asosiasi faktor PJJ dengan stress dan kualitas tidur. Logistik regresi dilakukan untuk menilai faktor utama yang bermakna.

Hasil: Pada 34% mahasiswa dengan faktor durasi dengan stres (p= 0,923), 37,1% responden dengan motivasi dengan stres (p= 0,236). Responden yang mengalami gangguan tidur sebanyak 79,7% dengan faktor durasi (p= 0,407), 79,5% dengan faktor motivasi (p= 0,393). Hasil analisis bivariat menunjukkan hubungan tidak bermakna antara faktor durasi, motivasi, dan dukungan sosial terhadap tingkat stres dan kualias tidur mahasiswa selama mengikuti kegiatan PJJ

Diskusi: Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara faktor durasi, motivasi, dan dukungan sosial terhadap tingkat stres dan kualitas tidur mahasiswa selama proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)