Anda belum login :: 28 Apr 2025 08:20 WIB
Detail
BukuPengaruh orientasi pembelajaran dan konsepsi belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa tahun pertama (artikel Jurnal Psikologi Talenta Vol.5 No.1 Sep 2019)
Bibliografi
Author: Rizky, Agatha ; Ajisuksmo, Clara Rosa Pujiyogyanti
Topik: Learning orientation; learning conception; Academic achievement; JABFUNG-FP-CRPA-2021
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar     Tempat Terbit: Makassar    Tahun Terbit: 2019    
Jenis: Article - diterbitkan di jurnal ilmiah nasional
Fulltext: 8351-29707-2-PB.pdf (210.38KB; 8 download)
[Informasi yang berkaitan dengan koleksi ini di internet]
Abstract
Penelitian bertujuan untuk memperoleh gambaran pengaruh orientasi pembelajaran dan konsepsi belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa tahun pertama. Orientasi belajar adalah alasan yang mendorong seseorang untuk belajar dan kuliah, sedangkan konsepsi pembelajaran adalah keyakinan dan pandangan tentang pembelajaran dan fenomena terkait, keduanya merupakan dimensi afektif proses belajar yang ikut menentukan kualitas hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan mixed method, yakni pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Sebagai data kuantitatif sejumlah 207 mahasiswa semester tiga dari fakultas psikologi universitas swasta mengisi kuesioner Inventarisasi Cara Belajar (Bagian B) sebuah alat ukur adaptasi dari Inventory of Learning Styles. Inventarisasi Cara Belajar digunakan untuk mengukur gambaran orientasi pembelajaran dan konsepsi belajar mahasiswa serta pengaruhnya terhadap prestasi akademis, yang dilihat melalui Indeks Prestasi Kumulatif. Data kualitatif diperoleh melalui diskusi kelompok terarah pada satu kelompok mahasiswa dengan IPK tinggi dan satu kelompok mahasiswa dengan IPK rendah. Usia rata-rata partisipan adalah 18,8 tahun, dengan 11% laki-laki dan 89% perempuan. Hasil analisis data menggunakan multiple regression menunjukkan bahwa variabel certificate directed, dan ambivalent dalam orientasi pembelajaran dan variabel cooperation dalam konsepsi belajar mampu memprediksi prestasi akademis mahasiswa dengan korelasi negatif. Beberapa faktor lain yang ditemukan memengaruhi prestasi akademis mahasiswa, di antaranya regulasi pembelajaran Self-regulation, Peer influence, dan Initiative Leadership.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)