Anda belum login :: 19 Jul 2025 08:47 WIB
Detail
BukuEvaluasi Kualitas Lingkungan Pembelajaran dengan Manchester Clinical Placement Index pada Rotasi Klinik
Bibliografi
Author: Sulaiman, Audelia Kathleen ; Rukmini, Elisabeth (Advisor)
Topik: pendidikan klinik; lingkungan pembelajaran klinik; Manchester Clinical Placement Index (MCPI); adaptasi; MCPI Bahasa Indonesia
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Kedokteran Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta Utara    Tahun Terbit: 2021    
Jenis: Theses - Karya Tulis Ilmiah Kedokteran (KTI-FK) - Registration of Karya Tulis Ilmiah Kedokteran
Fulltext:
Abstract
Latar Belakang: Rotasi klinik merupakan bagian penting dari pendidikan kedokteran yang memberikan peluang untuk mahasiswa menerapkan ilmu yang telah dipelajari secara langsung kepada pasien di penempatan klinik. Tetapi, ada beragam aspek yang mempengaruhi keberlangsungan pembelajaran di klinik. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu alat ukur yang dapat menilai kualitas lingkungan pembelajaran pada rotasi klinik. Manchester clinical placement index (MCPI) merupakan alat ukur untuk menilai kualitas lingkungan pembelajaran klinik yang dibuat berdasarkan teori Experience Based Learning (ExBL) pada Community of Practice (COP) dan memiliki 8 set pertanyaan dengan kolom komentar.

Metode: MCPI diadaptasi ke dalam Bahasa Indonesia dan diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji validitas dengan analisis faktor menggunakan metode principal component analysis dan varimax rotation. Uji reliabilitas dilakukan dengan menilai konsistensi internal berupa koefisien Cronbach’s alpha. Responden pada penelitian ini berjumlah 155 mahasiswa angkatan 2014 FKIK UAJ yang telah melewati 14 rotasi klinik. Seluruh responden mengisi MCPI Bahasa Indonesia secara daring dan kepada 10 responden dilakukan in-depth interview.

Hasil Penelitian: Uji validitas dan reliabilitas terhadap MCPI Bahasa Indonesia menunjukkan hasil yang baik. Berdasarkan penilaian dengan MCPI Bahasa Indonesia, peringkat pertama dari total 18 penempatan klinik adalah RS St. Carolus yang mendapatkan dengan kualitas lingkungan pembelajaran 93,28% sangat baik. RS Atma Jaya berada di peringkat keenam dengan hasil 83,94% dan PKL Pejagalan berada di peringkat terakhir dengan hasil 55,28%. Melalui data kualitatif mahasiswa memberikan gambaran serta evaluasi dari lingkungan pembelajaran klinik.

Kesimpulan: Sebagian besar mahasiswa merasa puas dengan kualitas pembelajaran pada rotasi klinik di FKIK UAJ. Tetapi terdapat beberapa hal yang menurut mahasiswa perlu diperbaiki agar dapat mengoptimalkan pembelajaran di klinik.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)