Distribusi sebagai salah satu variabel dalam bauran pemasaran yang penting bagi perusahaan agar dapat menyalurkan barang hasil produksi pada waktu dan tempat yang tepat dari produsen ke konsumen. Oleh karena itu penting untuk menentukan saluran distribusi secara tepat yang akan digunakan dalam memasarkan produknya. Menyadari akan pentingnya saluran distribusi agar kelangsungan dari berjalannya perusahaan dapat terus beriangsung maka penulis memilih topik bahasan mengenai distribusi sebagai bahasan dalam penulisan skripsi ini. Untuk menganalisa kebijaksanaan saluran distribusi yang dijalankan oleh PT. Singa Mas, penulis menggunakan 2 buah metode survey, yaitu: • Riset Lapangan: Dilakukan dengan mengadakan wawancara dan observasi dengan pimpinan yang berwenang daiam bidang tersebut. • Riset Perpustakaan: Untuk memperoleh landasan teori bagi masalah yang sedang dihadapi. Sedangkan untuk mengetahui peranan biaya distribusi terhadap penjualan, penulis mengunakan beberapa metode statistik, yaitu : metode Koefisien Korelasi, Koefisien Determinasi, Pengujian Hipotesis dan Analisis Koefisien Regresi. Dari hasil penelitian dan analisa yang diperoleh penulis menarik kesimpulan bahwa secara keseluruhan perusahaan telah melakukan usaha pemasaran dalam saluran distribusi yang cukup efektif sehingga mempengaruhi peningkatan tertiadap penjualan produk. Dan kegiatan operasional perusahaan haruslah ditunjang dengan sistem pendistribusian yang baik dalam arti terstruktur, terorganisasi fleksibel dan mampu menciptakan keadaan yang memungkinkan pencapaian tujuan untuk menjamin kelangsungan hidup perusahaan. Akan tetapi fungsi distribusi tidaklah dapat dikatakan sebagai satu-satunya fungsi utama dalam perusahaan, karena keberadaannya tidak lepas dari fungsi lainnya dalam perusahaan. |