Setiap produk yang dipasarkan memerlukan periklanan untuk memberitahukan masyarakat mengenai produk perusahaan serta membantu keberhasilan pencapaian tujuan perusahaan dalam memasarkan produk-produknya. Agar pelaksanaan kegiatan periklanan berhasil dengan baik, perlu disusun suatu strategi periklanan yang meliputi penetapan tujuan periklanan, anggaran periklanan, frekwensi periklanan, serta metode untuk mengukur efektifitas periklanan dalam mencapai tujuan perusahaan. Melihat pentingnya periklanan bagi suatu produk, maka penulis mencoba menganalisa masalah-masalah periklanan pada PT Kenari Djaja Prima. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penulisan skripsi ini adalah riset pustaka dengan cara membaca buku dan literatur dari perpustakaan, riset lapangan dengan melakukan kunjungan langsung dan mengadakan tanya jawab dengan pimpinan perusahaan, serta pembuatan kuesioner yaitu daftar pertanyaan yang berhubungan dengan permasalahan utama dari skripsi. Berdasarkan analisa strategi pemasaran berdasarkan daur hidup produk (Product Life Cycle), produk kunci Cisa saat ini telah memasuki tahap kedewasaan (Maturity Stage). Tahap kedewasaan ini mempengaruhi strategi iklan yang diterapkan perusahaan. Melalui perhitungan elastisitas, diperoleh bahwa hubungan antara biaya iklan dan hasil penjualan adalah inelastis, yang berarti kurang kuatnya pengaruh perubahan biaya iklan dengan perubahan hasil penjualan. Hasil survey konsumen menunjukkan bahwa perusahaan telah cukup berhasil dalam memperkenalkan produk kunci Cisa ke masyarakat melalui strategi periklanannya, tetapi belum terlalu berhasil dalam menyakinkan calon konsumen untuk menjadi pemakai produk kunci Cisa. Oleh karena itu perlu dilakukan perubahan-perubahan iklan strategi periklanannya agar masyarakat dapat semakin yakin akan keunggulan produk kunci Cisa dan kemudian mencobanya. |