Anda belum login :: 20 Apr 2025 01:42 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
HUBUNGAN ANTARA ACADEMIC SELF-EFFICACY, SELF-REGULATED LEARNING, DAN PENYESUAIAN AKADEMIK PADA MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE
Bibliografi
Author:
Stephanus, Margaretha
;
Pandia, Weny Savitry Sembiring
(Advisor)
Topik:
academic self-efficacy
;
self-regulated learning
;
penyesuaian akademik
;
mahasiswa
;
pembelajaran berbasis online
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2021
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
201707000005_Margaretha Stephanus_LembarAdministrasi.pdf
(480.77KB;
16 download
)
Margaretha Stephanus_Undergraduate Thesis_2021 (1).pdf
(715.47KB;
58 download
)
Abstract
Kemunculan pandemi COVID-19 menimbulkan dampak terhadap berbagai sektor kehidupan, salah satunya adalah bidang pendidikan. Hal ini menyebabkan terjadi perubahan pola pembelajaran dari tatap muka menjadi berbasis online sebagai salah satu upaya untuk mencegah penyebaran COVID-19. Perubahan yang terjadi ini membuat mahasiswa perlu melakukan penyesuaian akademik agar tetap dapat memenuhi tuntutan pembelajaran dan mencapai keberhasilan akademik. Untuk melakukan penyesuaian, mahasiswa juga dipengaruhi oleh peran dari dua faktor penting, yaitu academic self-efficacy dan self-regulated learning. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan hubungan yang terjadi academic self-efficacy, self-regulated learning, dan penyesuaian akademik mahasiswa dalam menjalani pembelajaran berbasis online.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasional.
Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan alat ukur academic self-efficacy dan self-regulated learning yang disusun sendiri oleh peneliti, serta alat ukur penyesuaian akademik yang telah diadaptasi. Ketiga alat ukur tersebut telah melalui tahap uji coba kepada 55 orang partisipan dan melewati uji analisis item, validitas, dan reliabilitas sebelum digunakan pada uji lapangan. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 215 mahasiswa yang menjalani perkuliahan pada perguruan tinggi yang berlokasi di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Partisipan diperoleh menggunakan non-probability sampling dengan teknik convenience sampling.
Data yang didapatkan dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan teknik korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat academic self-efficacy, self-regulated learning, dan penyesuaian akademik mahasiswa dalam pembelajaran berbasis online berada pada tingkat sedang. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa academic self-efficacy dan self-regulated learning secara bersama-sama atau simultan berhubungan secara positif dan signifikan, serta berpengaruh terhadap penyesuaian akademik. Maka, dapat disimpulkan bahwa academic self-efficacy dan self-regulated learning memang merupakan faktor penting bagi penyesuaian akademik pada mahasiswa dalam pembelajaran
berbasis online.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.109375 second(s)